Suvenir PON Jabar XIX, 250 Kilogram Batu Akik Disiapkan

Batu akik untuk souvenir PON ke-XIX
Sumber :
  • Diki Hidayat (Garut)/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
- Untuk mempersiapkan suvenir bagi peraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, para perajin batu akik di bawah pembinaan Koperasi Lasminingrat Gemstone Garut, Jawa Barat, mulai menyiapkan bahan batu akik seberat 250 kilogram (kg).

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar

Ketua Koperasi Lasminingrat Gemstone, Yudi Nugraha, menyatakan bahwa batu yang dipilih untuk suvenir jenis Ciangel dari Kecamatan Bungbulang, Garut.
Cara Indonesia Tes Doping di PON dan Asian Games


"Kami sudah menyiapkan 2,5 kwintal batu jenis Ciangel dan sudah tiba di galeri Lasminingrat, tinggal proses pembelahan," ujar Yudi, Kamis 15 Oktober 2015.


Batu akik jenis Ciangel dipilih karena corak warna yang menarik dengan ciri khas tembaga, sehingga dinilai cocok untuk suvenir.


"Kategorinya masuk di jenis pancawarna, jadi bukan hanya batu Edong yang memiliki nilai tinggi untuk jenis pancawarna, tetapi batu Ciangel juga tak kalah bagusnya," ungkap Yudi.


Sementara itu, Abdul Kodar, sesepuh penambang batu akik di Garut, menambahkan bahwa suvenir yang disepakati oleh penambang bagi peraih medali pada PON XIX berbentuk liontin dengan jumlah yang telah dihitung mencapai 2.300 keping.


"Sekitar 2.300 keping kami sepakati berbentuk liontin, kalau cincin kami kesulitan menghitung ukuran lingkar jari, kalau liontin kan tinggal memberi tali saja setelah diikat," ucapnya.


Kodar melanjutkan, untuk liontin, saat ini masih dalam tahap pemilihan ukuran serta bentuk. "Ukurannya masih dihitung, bentuknya oval atau bulat simetris, kami nanti coba dulu mana yang paling pas," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya