Mirisnya Kondisi Kompleks Olahraga Hambalang

Kondisi salah satu bangunan di kompleks olahraga Hambalang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana

VIVA.co.id - Pembangunan kompleks olahraga Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah terhenti selama 4 tahun. Lalu, bagaimana bentuk dari kompleks olahraga yang memakan dana pembangunan hingga Rp1,4 triliun tersebut saat ini?

Dicela Bangsa Sendiri, Kostum Indonesia Dipuji Dunia
 
Baru-baru ini, VIVA.co.id menyambangi Hambalang bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Kami berhasil mengabadikan wajah Hambalang yang saat ini sudah terbengkalai.
Menpora: Atlet-atlet Indonesia Siap Berjuang di Olimpiade
 
Memang, beberapa bangunan sudah hampir jadi. Asrama atlet putra dan putri contohnya.
PSSI Tidak Persoalkan Besaran Dana dari Pemerintah
 
Fondasi dan bentuknya sudah jadi. Bahkan, pendingin ruangan sudah dipasang di kamar-kamar. Pihak pengembang hanya tinggal memasang lift dan berbagai fasilitas lain.
 
Pendingin ruangan di kamar atlet Hambalang.
 
Dan setelah tak mendapat perhatian selama empat tahun, kondisinya sangat memprihatinkan. Kamar-kamar di lantai bawah dipenuhi genangan air dan lumpur.
 
Kondisi kamar atlet di kompleks olahraga Hambalang.
 
Tak cuma itu, beberapa plafon juga sudah jebol dan harus dipasang ulang. Lokasi yang diperuntukkan sebagai taman pun sudah tak terawat.
 
Terdapat genangan air. Jentik-jentik nyamuk pun bermunculan.
 
Kondisi asrama atlet Hambalang
 
Bergeser ke bangunan sport science. Fondasi dan bentuknya sudah hampir jadi. Namun, atap-atap bangunan beberapa ada yang ambruk.
 
Ada juga dinding yang jebol. Dan besi-besi tiang fondasi yang belum sempat dicor, berkarat.
 
Kondisi salah satu bangunan di Hambalang.
 
Penjaga kompleks olahraga Hambalang, Bunyamin, menyatakan memang sudah tak ada perawatan sejak proyek ini terhenti akibat kasus korupsi. Bunyamin menuturkan beberapa aset sempat hilang karena dicuri oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.
 
"Ada barang yang hilang. Besi, kawat, dan lainnya sempat hilang. Sementara ini, genset aman. Tapi, kami tak tahu ke depannya seperti apa. Butuh pembatas agar bisa lebih aman. Tenaga keamanan di sini sangat sedikit," terang Bunyamin.
 
Proyek kompleks olahraga Hambalang sebenarnya ingin dilanjutkan. Tapi, kelanjutannya masih menunggu hasil analisa dari tim yang dibentuk oleh Kemenpora.
 
Presiden Joko Widodo juga sudah meninjau langsung keadaan terkini Hambalang. Dan dia mempercayakan kelanjutan proyek Hambalang kepada Menpora. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya