Rekor Baru Federer Usai ke Peringkat Satu Dunia Lagi

Roger Federer, Petenis asal Swiss.
Sumber :
  • Reuters.

VIVA – Di usia yang sudah tidak lagi muda (36 tahun), Bintang tenis Swiss, Roger Federer menjadi petenis tertua yang berada di peringkat satu dunia sepanjang sejarah. Federer menjadi petenis nomor satu dunia setelah setelah mengalahkan Robin Haase 4-6, 6-1 dan 6-1 pada perempat final ABN Amro World Tournament.

Novak Djokovic Bidik Rekor Roger Federer di Wimbledon 2023

Tambahan poin dari kemenangan ini sudah memastikannya menggeser Rafael Nadal dari posisi puncak. Catatan ini juga mengembalikan torehan Federer di puncak ranking ATP setelah terakhir direngkuhnya lima tahun lalu.

Baca juga: Kembali Jadi Nomor 1, Federer Langsung Pasang Target Tinggi

Perpisahan Haru Roger Federer di Laver Cup, Nadal Ikut Menangis

Sebelumnya, Federer pernah 302 pekan berada di ranking pertama ATP. Petenis yang pertama kali merasakan peringkat pertama dunia pada 2004 itu unggul jauh atas rekor sebelumnya milik Pete Sampras, 286 pekan.

Pemain terdekat yang bisa mendekatinya adalah Novak Djokovic, 223 pekan. Namun, performa petenis asal Balkan itu menurun dalam dua tahun terakhir.

Pensiun dengan Rekor Gemilang, Federer: Ini Lebih dari Cukup

Sejak ranking ATP dibuat pada 1973, inilah untuk kali pertama ada pemain berusia di atas 35 tahun yang menjadi petenis nomor satu dunia. Rekor sebelumnya adalah milik Andre Agassi dalam usia 33 tahun.

“Status saat ini tercipta ketika saya sedikit lebih tua dan tentu saja menjadi lebih spesial juga. Namun, menjadi nomor satu bukanlah tujuan utama dalam dunia olahraga,” kata Federer, seperti dilansir FOX Sports News. (ren)

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic.

Tak Lagi Muda, Novak Djokovic Bidik Sejarah Baru di Final Wimbledon

Novak Djokovic siap mengejar sejarah baru dengan mencapai final Wimbledon kesembilannya, menyebut bahwa usia "36 adalah 26 baru" setelah mengalahkan Jannik Sinner;

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2023