Tak Lagi Muda, Novak Djokovic Bidik Sejarah Baru di Final Wimbledon

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic.
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

London – Novak Djokovic siap mengejar sejarah baru dengan mencapai final Wimbledon kesembilannya, menyebut bahwa usia "36 adalah 26 baru" setelah mengalahkan Jannik Sinner di semifinal, Jumat waktu London, Inggris, 14 Juli 2023

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Kemenangan Djokovic 6-3, 6-4, 7-6 (7/4) memastikan rekor penampilan final Grand Slam ke-35 sang juara bertahan, dan membawanya lebih dekat ke gelar Wimbledon kedelapan untuk menyamai rekor saat ini.

"Saya merasa 36 adalah 26 baru, rasanya cukup bagus. Saya merasakan banyak motivasi," kata Djokovic dikutip dari AFP, Sabtu.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Petenis berusia 36 tahun itu akan menghadapi petenis nomor satu dunia Carlos Alcaraz pada final Wimbledon kelimanya secara beruntun, Minggu.

Djokovic telah melewati legenda Amerika Chris Evert sebagai satu-satunya petenis yang mencapai 35 final turnamen mayor, tetapi ia memiliki prestasi yang lebih signifikan.

Manchester United Tantang Manchester City di Final Piala FA

Petenis nomor dua dunia itu akan menyamai rekor delapan gelar Wimbledon milik Roger Federer jika ia memenangi gelar kelima berturut-turut di lapangan rumput All England Club.

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic.

Photo :
  • AP Photo/Stas Filippov

Dengan 23 gelar tunggal Grand Slam atas namanya, Djokovic juga bertekad untuk menyamai rekor 24 gelar sepanjang masa milik Margaret Court.

"Senang menjadi bagian dari generasi berikutnya, saya menyukainya," tutur petenis asal Serbia itu.

"Olahraga ini telah memberi saya dan keluarga banyak hal. Saya akan membalas budi pada olahraga ini dan bermain sebanyak yang saya bisa," imbuhnya.

Djokovic merupakan petenis putra tertua ketiga yang mencapai final Wimbledon di era Open, dan akan menjadi juara putra All England Club tertua melampaui kemenangan Federer 2017 pada usia 35 tahun, jika ia menang pada Minggu.

Saat Federer pensiun dan Rafael Nadal sedang mempersiapkan tur perpisahan tahun depan sebelum pensiun, Djokovic masih kuat.

Ia telah memenangi Australian Open dan French Open musim ini, saat dia mengejar sapu bersih dari empat Grand Slam dalam satu tahun. Sedangkan US Open akan bergulir pada Agustus.

"Kami adalah bagian dari olahraga individu sehingga Anda harus mengandalkan diri sendiri dan menempatkan diri Anda dalam kondisi fisik dan mental terbaik sebelum menuju ke lapangan," ujar Djokovic mengenai rahasia performanya di usia yang tak lagi muda. (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya