Target 6 Emas, Renang dan Loncat Indah Jadi Andalan PRSI Sumut di PON 2024

Pengprov PRSI Sumut, saat menggelar jumpa pers persiapan hadapi PON 2023
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Sumut – Renang dan loncat indah jadi andalan untuk meraih enam medali emas, yang ditarget Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumatra Utara (Sumut) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Sedangkan medali emas yang diperebutkan atau nomor yang dipertandingkan 64 nomor.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

"Target kita tidak muluk-muluk. Untuk loncat indah kita insyaallah minimal 4 emas. Renang kita lihat juga perbandingan latihan dan juga mudah-mudahan kita dapat emas," ungkap Ketua Pengprov PRSI Sumut, Kabir Bedi melalui Sekretaris, Wildan Diapari di Posko Publikasi PON 2024 di Kantor Dispora Sumut, Kamis 13 Juli 2023.

Di PON 2024 mendatang, akuatik ini memperebutkan 64 medali emas. Sedangkan nomor yang dipertandingkan dari cabor renang, loncat indah, perairan terbuka, polo air, dan renang indah. Wildan menyebutkan, para atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) berjumlah 12 orang.

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Ke-12 atlet tersebut fokus untuk nomor renang dan loncat indah. Untuk loncat indah 5 atlet, yakni, Wahyudi Syahputra, 

Pengprov PRSI Sumut, saat menggelar jumpa pers persiapan hadapi PON 2023

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

M Jata Ayu, Angel Theresia, Chairunissa Putri dan Vania Theola. Sedangkan renang 7 atlet, yakni, Syahgali Putra, Guntur Mahesa Putra, Giony Ruben Dwinov, Raihan Kiming, Mario Jepania Saragih, Grace Marjorie dan Evivania Siahaan. Mereka dilatih Dwi Jitrada Afrido.

"Untuk polo air, belum dilakukan pelatda. Tapi pengprov sudah lakukan pembinaan ditingkat provinsi. Sedangkan perairan terbuka, hampir sama pembinaan kita lakukan seperti renang. Kita lakukan pelatda jarak jauh," jelas Wildan dihadapan perwakilan Dispora Sumut, Jony Siahaan.

Wildan menyebutkan, alasan PRSI Sumut memasang target 6 emas di PON 2024, menilik hasil Festival Akuatik Indonesia (FAI) yang berlangsung Juli 2022 dan Indonesia Open digelar Desember 2022 lalu. Dari kedua kejuaraan itu, perenang Sumut meraih prestasi dari loncat indah. Yakni, 2 emas, 2 perak dan 5 perunggu yang diraih Wahyudi Syahputra, Jata Ayu, dan Angel Theresia.

"Andalan kita di loncat indah. Karena hari ini dengan kejuaraan nasional kita sudah mendapatkan medali. Pembinaan baru satu tahun berlangsung," jabar Wildan, yang menambahkan bila DKI Jakarta dan Jawa Barat diprediksi akan mendominasi cabor akuatik di PON 2024.

Untuk meningkatkan kualitas para perenang, Wildan membeberkan, PRSI Sumut berencana melakukan try out renang dengan memanggil pelatih dari luar negeri. Hal ini, PRSI Sumut juga menyiapkan atlet pelapis satu dan dua. Sedangkan loncat indah, Malaysia atau Singapura menjadi pilihan.

"Try out loncat indah, kita kirim ke luar Malaysia atau Singapura. Supaya lebih maksimal tidak di kampung sendiri. Sedangkan renang, kita panggil pelatih khusus. Kita akan kerjasama dengan PB PRSI untuk membicarakan hal ini, termasuk juga soal intensitas latihan," beber Wildan.

Saat ini, para atlet menjalani Pelatda di kolam renang Unimed, yang selama ini digelar di kolam renang Selayang. Perpindahan latihan ini karena kolam renang Selayang sedang dalam tahap renovasi untuk persiapan PON 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya