Petanque Sumut Bidik 2 Emas di PON 2024

Pengprov FOPI Sumut saat menggelar jumpa pers persiapan hadapi PON 2024
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Medan – Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumatra Utara (Sumut) mengemban target dua medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Target tersebut diharapkan tercapai dari sektor putri.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Ketua Umum Pengprov FOPI Sumut, Dr dr Hj Liliana Puspa Sari, SPd, MKes mengatakan, saat ini FOPI Sumut melakukan Pelatda terhadap 8 putra dan 8 putri. Latihan tehnik digelar di Lapangan Kampus STOK Bina Guna juga Kampus Unimed untuk latihan fisik.

"Target kita di PON 2024 yang digelar di Aceh 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu," ungkap Liliana didampingi Kabid Binpres, Edward Keliat dan Komisi IT Andarias Ginting di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut, Kantor Dispora Sumut, Medan, Rabu 12 Juli 2023.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

Wanita yang akrab disapa Lili itu menyebutkan, saat ini 18 atlet petanque Sumut yang saat ini menjalani Pelatda. Atlet putra yakni, Rudi Irwanto, Erry Havosan Nababan, Fa'id Aqdas Tamimi, M Khairul Irwanto, Dimas Arif Hidayat, Rasya Althof Sembiring, Andriadi Puta Simanjuntak dan Muhammad Dia.

Sedangkan atlet putri, Rohana Saprida Purba, Ayu Mutiara Sari, Nur Akma Aisyah, Finalia Sinulingga, Cintami Rahmadani Jambak, Yuyun Danaty Manulang, Nosanta Yevi br Ginting dan Trinalia Silalahi. Mereka dilatih Dr Ibrahim Sembiring, SPd, MOr, Edward Keliat dan Andarias Ginting.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Launching Maskot, Lagu PON, dan Tagline di PON Aceh-Sumut 2024

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Cabor petanque yang akan digelar di Aceh mempertandingkan 13 nomor. Yakni, shooting man - woman, single man - woman, double man - woman, triple man - woman, beregu man, woman. Serta nomor campuran yang terdiri dari double, triple 2 putra - 1 putri dan triple 1 putra - 2 putri.

Lili menuturkan, persaingan petanque di PON nanti sulit diprediksi, mengingat perkembangan semua provinsi merata. Namun, menilik hasil Kejurnas Petanque Master Series Piala Rektor Unesa Surabaya 2023, Jatim dan Bali mendominasi.

Begitu juga Aceh patut diwaspadai, meski hasil Kejurnas Petanque Master Series Piala Rektor Unesa Surabaya 2023 tak mengembbirakan. Hal ini mengingat Aceh sebagai tuan rumah cabor petanque PON 2023 nanti. Ajang Kejurnas Petanque 2023 ini, petanque Sumut yang turut andil terhenti di semifinal.

"Persaingan Petanque sekarang ini sudah merata dan kami melihatnya berbeda-beda dengan tiap-tiap provinsi. Persaingan utama itu, Jatim, Aceh dan Bali," jelas Lili yang juga Ketua BAPOMI Sumut itu.

Lili mengungkapkan, tantangan yang dihadapi pihaknya, uji tanding bagi atlet untuk mengukur hasil latihan dan kemampuan. Pihaknya telah mempersiapkan try out bagi atlet ke luar negeri, untuk menakar kemampuan atlet petanque Sumut.

"Kita sudah ajukan ke KONI Sumut, tahun depan kita rencanakan training camp bagi atlet. Kita rencanakan di Thailand atau Malaysia. Mudah-mudahan ini diterima (KONI Sumut) agar kita bisa mengasah kemampuan atlet," harap Lili.

Edward menyebutkan, pihaknya tidak ada mengalami kendala selama menjalani Pelatda. Mengingat, dukungan dari Kampus STOK Bina Guna atas penginapan, konsumsi bagi atlet serta lapangan latihan.

"Kendala yang kami hadapi, uji tanding bagi atlet saja. Karena uji tanding level di Sumut ini susah, Jadi, atlet kesulitan untuk menguji kemampuan sendiri itu kurang," katanya.

Komisi IT Andarias Ginting menambahkan, pelatih tengah mengenjot kondisi fisik atlet, terutama putri yang menjadi fokus. Katanya, petanque ini olahraga yang membutuhkan konsentrasi karena olahraga akurasi, yang mengharuskan kondisi atlet harus maksimal.

"Kondisi fisik putri kurang, ini akan kami genjot. Terutama komponen kebugaran jasmani. Ini untuk mendukung konsentrasi atlet. Setelah kita lakukan pembinaan fisik, di tes Juni terjadi peningkatan yang signifikan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya