Mudik Lebaran 2024, Diprediksi 10,67 Juta Orang akan Tinggalkan Sumut

Kadishub Sumut, Agustinus.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Sumatera Utara  – Pergerakan pemudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara memprediksi pemudik, yang akan keluar dari Sumut, dengan tujuan berbagai daerah di Indonesia, sekitar 5,51 persen atau 10,67 juta orang

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

"Sumatera Utara sebagai daerah asal perjalanan kelima terbesar, secara nasional yaitu 5,51 persen atau sebesar 10,67 juta orang," sebut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus, Sabtu 6 April 2024.

Kemudian, pemudik dari berbagai daerah di Indonesia, dengan tujuan perjalanan atau mudik ke Sumut, diperkirakan 5,81 juta orang.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

"Sumut ini, sebagai daerah tujuan perjalanan ketujuh terbesar secara nasional, yaitu 3 persen atau 5,81 juta orang," kata Agustinus.

"Potensi pergerakan nasional pada Lebaran 2024, 71,7 persen atau 193,6 juta orang. Sedangkan, yang tidak pergi mudik 28,3 persen," jelas Agustinus.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Agustinus mengatakan pihaknya, memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024, terjadi 6 hingga 8 April 2024. Sedangkan, puncak arus balik pada 14 Februari 2024.

Untuk kesiapan sarana dan prasarana (Sarpras) untuk mudik Lebaran di Sumut, dengan perincian, bus AKAP 602 unit dan 25 PO Bus, bus cara sewa 479 unit dan 30 PO bus, bus pemadu moda 77 unit dan 4 PO bus. Kemudian, bus AJAP 490 unit dan 18 PO bus, terminal Tipe A sebanyak 5 unit dan terminal tipe B sebanyak 4 unit.

Sedangkan, antisipasi dilakukan Dishub Sumut dengan stekholder terkait. Agustinus mengungkapkan pihak melakukan kesehatan awak bus dan melakukan ramp check kenderaan atau bus. Survei prasarana jalan yang akan dilalui pemudik.

"Pembatasan waktu operasional mobil barang atau truk barang, fasilitas mudik gratis, monitoring tarif angkutan umum, penyediaan posko dan rest area pemudik dan penyediaan operator dan alat berat," jelas Agustinus.

Kemudian, Dishub Sumut memperkirakan kenaikan jumlah penumpang moda jalan atau angkutan umum pada mudik Lebaran 2024, sekitar 10 persen, kereta api 18 persen, laut 5 persen dan pesawat 2 persen.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga perlu diantisipasi. Mulai dari potensi gangguan transportasi, ruas jalan rawan macet, rawan laka lantas, rawan longsor/banjir, perlintasan sebidang kereta api, cuaca ekstrem, dan kawasan wisata.

Kemudian, Agustinus mengingatkan jika menggunakan angkutan pribadi, pastikan kesiapan kendaraan, perlengkapan kendaraan dan kesehatan pengemudi. 

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dan berprilaku tertib di jalan. Memastikan kelaikan operasional moda transportasi dan kesiapan simpul transportasi. Serta memastikan kesiapan jalur mudik dan antisipasi terhadap daerah rawan kecelakaan lalu lintas, macet dan bandara,” tutur Agustinus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya