Antre Kendaraan Pemudik di Jalur Gentong Tasikmalaya

Arus mudik kendaraan di jalur Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat
Sumber :
  • Denden Ahdani

Tasikmalaya – Arus lalu lintas di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada H-4 Lebaran Idul Fitri mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan hari sebelumnya. Peningkatan volume kendaraan terjadi sejak Sabtu (6/4/2024) dini hari hingga pagi ini.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Di lokasi, kendaraan pemudik baik roda dua maupun roda empat dari arah Bandung menuju arah Jawa Tengah terus berdatangan dan melintas di Jalur Gentong Tasikmalaya secara bergerombol. Meskipun terjadi kepadatan kendaraan karena banyak pemudik beristirahat di bahu jalan, namun arus lalu lintas masih lancar tanpa kemacetan parah.

Arus mudik kendaraan di jalur Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat

Photo :
  • Denden Ahdani
Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Salah seorang pemudik sepeda motor asal Bekasi yang menuju Ciamis, Hilmi (26), menyampaikan bahwa ia mengalami titik-titik kemacetan di daerah Cileunyi. Dia berangkat dari Bekasi pukul 20.00 WIB dan baru sampai di Jalur Gentong pada pukul 05.00 WIB. Jika situasi lalu lintas normal, ia seharusnya sudah tiba di kampung halamannya dengan waktu tempuh tersebut.

"Saya dari Kota Bekasi menuju Ciamis, tadi ada titik kemacetan di Cileunyi, empat sampai lima titik kemacetan yang terjadi. Saya berangkat jam delapan malam, biasanya kalau waktu normal sudah sampai rumah pada jam ini," ujar Hilmi saat beristirahat di Pos Pengamanan Terpadu Jalur Gentong.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Hilmi menambahkan bahwa ia memilih untuk mudik pada malam hari untuk menghindari cuaca panas dan baru dapat melaksanakan mudik ke kampung halaman pada H-5 Lebaran Idul Fitri karena baru mendapat jatah cuti dan libur lebaran di tempat kerjanya.

"Saya memilih mudik malam untuk menghindari panas, terus malam lebih ramai. Baru bisa mudik sekarang karena baru mendapat jatah libur hari ini," tambahnya.

Arus lalu lintas di Jalur Gentong diprediksi akan terus meningkat seiring dimulainya hari libur dan cuti pekerjaan. (Denden Ahdani/Tasikmalaya)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya