Geger, Warga Garut Temukan Warung Makanan Jajakan Daging Babi tanpa Pemberitahuan

Aliansi Umat Islam (AUI) temukan warung makanan menjual babi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

Garut – Warga Kabupaten Garut, Jawa Barat, geger menemukan warung makanan yang diduga menjajakan daging babi, namun tidak ada plang pemberitahuan. Warung tersebut berada di Jalan Ibrahim Adji, Kecamatan Tarogong Kaler Gatut yang merupakan jalur mudik dan wisata di Kabupaten Garut. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Koordinator Aliansi Ulama Indonesia (AUI) Kabupaten Garut, Ceng Aam menyatakan bahwa usai menerima laporan dari warga, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Garut, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Garut. Temuan daging babi itu bukan kali pertama ditemukan, tapi sebelumnya sempat ditemukan di tempat yang sama. 

"Setelah dipastikan bahan bakunya terbukti ada kulit babi di tempat pendingin," ujarnya dikutip pada Sabtu, 6 April 2024.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Aliansi Umat Islam (AUI) temukan warung makanan menjual babi

Photo :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

Temuan daging babi yang dijual di warung makan jadi ramai, karena di Kabupaten Garut daging babi bertentangan dengan adat atau norma warga setempat, termasuk dalam ajaran Islam yang mengharamkan daging babi.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

"Waktu dikonfirmasi kepada pemilik warung makanan, dia membenarkan bahwa itu daging babi," ungkapnya. 

Lanjut Ceng Aam, pemilik warung makanan beralasan daging babi tersebut disediakan bagi para penyuka daging babi. Akan tetapi, pemilik warung makanan buka tidak menuliskan menu daging babi dalam spanduk. 

"Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian, karena Satpol PP dan Dinas Perindustrian tak memiliki kewenangan," pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya