Terungkap, Kunci Sukses Nadal Tak Cuma Berkat Teknik Bermain

Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal.
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA – Sosok Rafael Nadal tentunya sudah sangat populer sebagai salah satu petenis terbaik dunia saat ini. Koleksi 17 gelar Grand Slam jadi torehan mentereng petenis asal Spanyol ini layak mendapat predikat tersebut.

Rafael Nadal Dipastikan Absen di Australian Open 2024

Namun, rupanya kesuksesan tersebut tidak diraih Nadal begitu saja. Ada kunci keberhasilan tersendiri yang mampu dipegang petenis 32 tahun itu dalam kiprahnya di pentas tenis dunia selama ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh paman sekaligus mantan pelatih yang menangani Nadal sejak usia delapan tahun. Menurutnya, sikap hormat kepada semua lawan menjadi kunci aspek penting dalam kesuksesan Nadal.

Kebangkitan Rafael Nadal Usai Absen Setahun

“Hal pertama ialah adanya sikap respek, bukan hanya untuk Roger Federer, tetapi kepada seluruh dunia,” ungkap Toni Nadal seperti dikutip Express, Rabu 20 Juni 2018.

“Ketika Anda terbiasa dengan banyak kemenangan, kadang Anda lupa dengan prinsip dasar. Anda lupa apa yang membuat anda menang. Untuk itu, saya pikir anda perlu berhati-hati dengan hal ini,” jelasnya.

Nadal Tandai Comeback di Brisbane

Diakui Toni, Nadal selalu bekerja keras sesuai yang dimintanya. Ini membuat pemain yang mendapat julukan King of Clay alias raja lapangan tanah liat tersebut bisa bangkit dari keterpurukan ketika dibekap cedera.

“Saat Rafa banyak meraih kemenangan, saya ingat selalu mengatakan bahwa dia perlu berlatih sedikit lebih keras supaya kami bisa melanjutkan dinamika itu lebih lama lagi,” tegas Toni.

“Ketika segala sesuatunya berjalan buruk, saya mengatakan kepada dia agar berlatih sedikit lebih keras untuk melihat apakah kami bisa keluar dari situasi itu secepat mungkin,” ujarnya.

Toni berpisah dengan Nadal pada awal tahun 2018. Ini terjadi karena sang paman ingin fokus dalam pengembangan para petenis muda yang tergabung dalam Akademi Tenis Rafael Nadal di Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya