Ahsan/Hendra Jadi Korban Panasnya Perebutan Tiket Final Tur BWF

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Peta persaingan untuk mendapatkan jatah lolos langsung ke final Tur Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF 2018, dipastikan berubah lagi seiring dengan baru tuntasnya dua turnamen terakhir yaitu Syed Modi 2018 dan Skotlandia Terbuka 2018.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Yang paling panas ialah di kategori ganda putra, terjadi pergeseran ranking di 8 besar yang cukup menegangkan. Pergeseran terjadi dari ranking 5 hingga 8.

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi salah satu korban pergeseran itu. Meski BWF belum resmi menerbitkan daftar ranking terbaru. Tapi dari hitung-hitungan VIVA, juara dunia 2013 dan 2015 ini dipastikan terdepak dari ranking 5 Tur BWF oleh wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Kim/Anders yang tadinya berada di ranking 7, mendepak Ahsan/Hendra dari ranking 5 karena koleksi poin mereka melampaui poin Ahsan/Hendra.

Diketahui saat ini Ahsan/Hendra memiliki poin sebanyak 67.900. Sedangkan poin Kim/Ander dari 67.250. Tapi, Kim/Anders mendapatkan penambahan poin sebanyak 1.670 hingga poin mereka menjadi 68.920.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

FOTO: Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Poin tambahan itu didapatkan Kim/Anders dari mengikuti Syed Modi. Di turnamen itu mereka bertanding di babak I atau 32 besar.

Dengan penambahan poin itu, Kim/Anders merebut ranking 5 dari tangan Ahsan/Hendra. Sedangkan Ahsan/Hendra terlempar ke ranking 6.

Meski terdepak, Ahsan/Hendra dipastikan tetap melangkah final Tur BWF yang akan digelar di Kota Guangzhou, China, pada 12 Desember 2018.

Di ranking 7 Tur BWF bercokol wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan poin 67.890. Mereka naik ke ranking 7 dari ranking 8. Setelah mendapatkan poin sebanyak 1.670 di turnamen Syed Modi 2018. Sebelumnya poin mereka sebanyak 66.220

Sementara itu di rangking 1 hingga 4, tidak terjadi perubahan peringkat. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih kokoh di ranking 1;  Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin di ranking 2; Liao Min Chun/Su Ching Heng di peringkat 3; dan Han Chengkai/Zhou Haodong di ranking 4.

Baca: Dramatis, Si Kumis Lolos ke Final Tur BWF dan Depak Anthony Ginting

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya