Sungguh Tragis, Semua Duo China Musuh Bebuyutan Kevin/Marcus Kandas

Li Junhui/Liu Yuchen.
Sumber :
  • BWF

VIVA – China dipastikan memperpanjang rekor buruk tak bisa merebut tahta juara ganda putra All England Open. Negeri panda itu melengkapi puasa gelar menjadi 6 tahun beruntun.

Fakta Mengerikan Jonatan Christie Meski Indonesia Gagal Juara Thomas Cup

Apa yang terjadi pada China ini disebabkan tumbangnya semua pemain ganda putra yang mereka turunkan di All England Open 2019.

Di turnamen BWF Super 1000 ini, China mengerahkan 5 ganda putra sekaligus untuk bisa membawa pulang gelar juara.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

5 ganda yang mereka bawa ke Birmingham, bukan pemain biasa. Di sana Li Junhui/Liu Yuchen, juara dunia 2018. Lalu, ada juara dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan.

Berikutnya ada nama juara French Open 2018, Han Chengkai/Zhou Haodong. Ada juga He Jiting/Tan Qiang dan Ou Xuanyi/Ren Xiangyi.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Liu Cheng/Zhang Nan.

Sebenarnya, China sempat membuka peluang untuk bisa memecahkan catatan buruk mereka di sektor ganda putra. Mereka berpeluang membawa pulang gelar juara.

Sebab gelar juara bertahan All England Open yang selama ini dipegang Indonesia selama 2 tahun beruntun, telah lepas dari genggaman Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Gelar itu terlepas setelah Kevin/Marcus secara mengejutkan ditumbangkan Liu/Zhang di babak 32 besar.

Sayangnya, kesempatan itu raib begitu saja. Karena, satu persatu ganda putra China angkat kaki dari Inggris, dan yang paling tragis. Justru Li/Liu yang harus hengkang paling awal setelah dihajar rekan senegaranya, He/Tan.

Han Chengkai/Zhou Haodong

Lalu, giliran He/Tan dan Ou/Ren yang kandas di babak 16 besar. Dan terakhir giliran Liu/Zhang dan Han/Zhou yang harus tertunduk malu karena dihajar lawan-lawan mereka di perempatfinal.

Padahal dalam beberapa turnamen terakhir, mereka tampil ganas. Terutama dua ganda yang mempermalukan Kevin/Marcus tahun lalu, Li/Liu dan Han/Zhou.

Kevin/Marcus ditumbangkan musuh bebuyutannya itu di  BWF World Tour Finals dan final Frenc Open 2018.

Di semifinal All England Open 2019, tak ada lagi satu nama ganda putra China yang tersisa di bagan jadwal pertandingan.

Untuk diketahui, China terakhir kali merebut gelar juara ganda putra All England Open di tahun 2013, melalui tangan Liu Xiaolong/Qiu Zihan.

Baca: Nasib Sial Duo China yang Hajar Kevin/Marcus di All England

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya