Parah, Salat Disebut Jadi Penyebab Bulutangkis Malaysia Tak Berprestasi

Ilustrasi: Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia
Sumber :
  • AP Photo/Rui Vieira

VIVA Sport – Bulutangkis Malaysia dibuat heboh dengan pernyataan mantan pemainnya, Bong Guang Yik. Dia mengkritik soal kemunduran prestasi badminton di Malaysia.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Namun, yang menjadi sorotan adalah komentar Bong Guang Yik masuk yang menyinggung perihal ras dan agama.

Bahkan, dia sampai membawa-bawa salat sebagai salah satu penyebab bulutangkis Malaysia tak berprestasi.

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Guang Yik melontarkan kritik terhadap prestasi bulu tangkis Malaysia melalui tiktok. Dia menyorot kegagalan pemain Malaysia di Malaysia Open 2023.

Mantan pebulutangkis Malaysia, Bong Guang Yik

Photo :
  • tangkapan layar
Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

"Untuk orang Melayu yang masuk jajaran manajemen [BAM]. Mereka sudah salat lima waktu sehari, jadi sudah tidak ada niat untuk mengurus BAM."

"Sistem yang lemah menyebabkan pemain Malaysia semua merosot," kata Bong Guang Yik seperti dikutip dari Malaysia Dateline.

Tak cuma menyalahkan salat, Guang Yik, yang saat ini tinggal di China, menyatakan orang-orang Melayu sebagai sosok pemalas dan hanya tahu soal makan.

Komentar Bong Guang Yik ini langsung menuai kecaman dari berbagai netizen Malaysia. Para netizen Malaysia mengingatkan Bong Guang Yik agar berhati-hati dalam berkomentar. .

Menyadari komentarnya telah membuat marah, Guang Yik pada akhirnya meminta maaf.

"Saya ingin meminta maaf secara tulus kepada semuanya. Alasan saya menampilkan komentar saya adalah karena saya cinta olahraga ini," ujar Guang Yik dalam sebuah video seperti dikutip dari New Straits Times. 

Mantan pebulutangkis Malaysia, Bong Guang Yik

Photo :
  • tangkapan layar

"Saya merasa saya memiliki tanggung jawab untuk mencoba dan memperbaiki olahraga dan industri untuk kepentingan semua pihak. Itulah mengapa saya mengatakan semua tingkatan manajemen harus baik. Saya, bagaimanapun, seharusnya tidak menyentuh masalah rasial dan untuk itu, sekali lagi saya minta maaf," katanya melanjutkan.

Namun, sejumlah netizen menyebut bahwa permintaan maaf itu tidak menyelesaikan permasalahan. Bahkan, sejumlah netizen Malaysia menilai komentar Bong Guang Yik ini perlu ditindaklanjuti serius oleh pihak-pihak yang berwenang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya