Kronologi Adu Jotos Ganda Putra Thailand dengan Rekan Senegara

Bodin Issara dan Maneepong Jongjit adu jotos
Sumber :
  • Vancouver Sun

KANADA – Kejadian memalukan terjadi di final Canada Open 2013. Keributan terjadi antara pebulutangkis Thailand yaitu Bodin Issara dan Maneepong Jongjit

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Menariknya adalah, sebelum adu jotos yang sulit dilerai itu, Bodin Issara dan Maneepong Jongjit sempat berduet di sektor ganda putra. Mereka bahkan bersama-sama menembus peringkat 7 dunia. 

Saat itu itu tersaji duel all Thailand final di Canada Open 2013 yang mempertemukan Maneepong Jongjit/Nipitphon Puangpuapech vs Bodin Issara/Vilailak Pakkawat.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Bagaimana kronologi kejadian yang menggemparkan tersebut? Rupanya hal tersebut bermula dari adu mulut.

Entah kata apa yang diucapkan Maneepong hingga membuat Issara marah besar dan langsung menyerangnya.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Dua Pemain Bulutangis Thailand, Bodin Issara dan Maneepong Jongjit adu Jotos

Photo :

Bodin Issara mengaku ia geram dengan Maneepong Jongjit. Ia pun mengaku kehilangan kesabaran akibat tindakan tersebut.

"Telinga saya dipukul dengan raket sampai berdarah dan robek. Saya kehilangan kesabaran. Saya meminta maaf kepada seluruh penduduk Thailand karena sudah memunculkan citra buruk pada negara," ungkap Bodin Issara.

Namun, pada pemberitaan berbeda tiga hari kemudian, Isarra mengaku jika dirinyalah yang memulai semuanya lewat kalimat provokasi dari mulutnya.

"Saya kehilangan kendali, sesuatu yang belum pernah terjadi. Sayalah yang memulai perang mulut di depan net. Saya telah berbicara kasar. Saya meminta maaf karena tindakan saya telah merugikannya," ungkap Issara.

Akibat aksi adu jotos tersebut, babak final pun gagal diselenggarakan dan kedua pasang pebulutangkis asal Thailand tersebut didiskualifikasi dari turnamen.  Sepekan setelah itu, Bodin Issara dan Maneepong Jongjit dijatuhi hukuman larangan bertanding dari asosiasi bulutangkis Thailand (BAT). 

Namun Bodin Issara mendapat hukuman yang jauh lebih berat, dua tahun,  ketimbang Maneepong Jongjit yang "hanya" dijatuhi hukuman tiga bulan.  

Issara dijatuhi hukuman lebih berat karena dianggap menyerang Jongjit yang bekas pasangan gandanya. Sementara Jongjit dihukum lebih ringan karena kesalahannya melakukan provokasi terhadap Issara sepanjang pertandingan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya