Commonwealth Bank Tournament of Champions 2011

8 Petenis Cantik Dunia Siap Bertarung di Bali

Petenis Serbia, Ana Ivanovic
Sumber :
  • celebs101.com

VIVAnews - Delapan petenis cantik dunia siap bertarung di Commonwealth Bank Tournament of Champions (CBTC) 2011. Asosiasi Petenis Wanita (WTA) merilis kedelapan petenis tersebut, Rabu 26 Oktober 2011.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea

Adalah Marion Bartoli, Sabine Lisicki, Roberta Vinci, Daniela Hantuchova, Anabel Medina Garrigues, dan Nadia Petrova, yang berpredikat sebagai pemegang peringkat tertinggi, di mana tahun ini sudah memenangkan turnamen seri internasional.

Sedangkan dua petenis lain yang meraih fasilitas wildcard adalah sang juara bertahan, Ana Ivanovic, dan satu-satunya wakil Asia asal China, Peng Shuai. Kedelapan petenis dunia tersebut dinyatakan siap berlaga di turnamen tahunan, yang sekaligus sebagai penutup musim turnamen-turnamen internasional WTA.

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk

Seperti tahun lalu, CBTC 2011 kembali diselenggarakan di Bali, Indonesia, sepanjang 3-6 November mendatang, dengan total hadiah US$600 ribu.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemain atas kesuksesan mereka di tahun 2011 ini dan saya tahu bahwa mereka sangat senang dapat mengakhiri musim ini dengan bermain di Commonwealth Bank Tournament of Champions di Bali,” ujar Chairman dan CEO dari WTA, Stacey Allaster, seperti rilis yang diterima VIVAnews.

Libur Panjang Kenaikan Isa Al-Masih, 150 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

“Enam pemain yang berhak tampil di Bali ini secara kolektif telah memenangkan total 11 gelar tunggal putri WTA pada tahun ini, dan dengan ditambah sang juara bertahan Ana Ivanovic dan Peng Shuai sebagai wildcard. Saya yakin para pengemar akan menyaksikan pekan yang sarat dengan kompetisi yang menegangkan.

Sementara itu, Direktur Turnamen CBTC, Kevin Levesey antusias menyambut kesediaan para petenis dunia tersebut untuk tampil di turnamen yang tahun ini terakhir digelar di Bali. Rencananya sepanjang tiga tahun mendatang, turnamen penutup musim ini akan berlangsung di Bulgaria.

“Kami sangat gembira telah mendapatkan susunan pemain yang sangat kompetitif di musim terakhir Tournament of Champions di Bali. Kami menanti kehadiran mereka dan saya tahu bahwa semua orang di Bali sudah menantikan sebuah kejuaraan yang sangat menarik,” ujar Kevin. 

Berikut profil singkat 8 peserta CBTC 2011:

1. Marion Bartoli (Perancis)

Sepanjang 2011, petenis peringkat 9 dunia ini tercatat lima kali menjadi finalis dan sukses merengkuh trofi AEGON Internasional (Eastbourne) serta HP Japan’s Women Open. Tahun ini merupakan kali kedua Bartoli berlaga di Bali, setelah sebelumnya pada 2010 ditumbangkan Aravane Rezai di partai final. Di turnamen kali ini, Bartoli menjadi unggulan pertama.

2. Sabine Lisicki (Jerman)

Saat ini, Lisicki menempati peringkat 18 dunia, setelah sempat menduduki rangking 218 (Maret 2011) lantaran cedera yang dialaminya di awal tahun. Rangking petenis 22 tahun ini melesat pada September lalu, usai menjuarai AEGON Classic (Birmingham) dan Texas Open di Dallas. Tahun ini akan menjadi penampilan kedua di Bali, setelah 2009 lalu.

3. Roberta Vinci (Italia)

Tahun ini merupakan debut perdana Vinci tampil di Bali. Sepanjang 2011, petenis peringkat 22 dunia ini sukses menambah koleksi gelarnya, usai menjuarai Barcelona Ladies Open, UNICEF Open dan POLI-FARBE Budapest Grand Prix. Petenis 28 tahun ini juga sempat menaklukkan peringkat satu dunia, Caroline Wozniacki, dalam perebutan tiket perempatfinal Rogers Cup.

4. Daniela Hantuchova (Republik Slovakia)

Sempat puasa gelar sepanjang tiga musim, Hantuchova akhirnya meraih gelar tunggal putri keempatnya di PTT Pattaya Open 2011. Ini merupakan kali kedua partisipasi petenis peringkat 23 ini di CBTC, setelah sebelumnya pernah menjadi finalis di Bali ketika masih berpredikat sebagai turnamen reguler pada 2007.

5. Annabel Media Garrigues (Spanyol)

Petenis peringkat 28 dunia ini menambah koleksi gelarnya menjadi 11, setelah menjuarai Estoril Open dan XXVI SNAI Open. Garrigues sukses melampaui Venus Williams sebagai petenis terbanyak yang memenangi turnamen di lapangan tanah liat, dengan 10 kemenangan. Sebelumnya, petenis 29 tahun ini pernah mengikuti CBTC pada 2009.

6. Nadia Petrova (Rusia)

Petrova akan tampil untuk kali pertama di turnamen CBTC ini, setelah sukses menyabet gelar juara Citi Open (Washington DC). Saat ini, petenis 29 tahun tersebut menduduki peringkat 31 dunia dan sudah mengoleksi 10 gelar tunggal putri WTA.

7. Ana Ivanovic (Serbia)

Sang juara bertahan merupakan satu dari dua pemegang fasilitas wildcard. Pada 2010, petenis cantik 23 tahun ini mengalahkan rival asal Rusia, Allysa Kleybanova di partai final. Di tahun ini, Ivanovic yang kini menduduki rangking 26 dunia, tidak merengkuh satupun trofi lantaran tumbang di semifinal AEGON Classic dan Mercury Insurance Open.

8. Peng Shuai (China)

Peraih fasilitas wildcard kedua ini tengah berada di peringkat 16 dunia. Tahun ini, Shuai akan melakoni debut perdananya tampil di CBTC Bali. Petenis 25 tahun ini sukses mencapai babak 16 besar tiga kejuaraan Grand Slam 2011, yakni Australia Open, Wimbledon dan US Open. Ia juga sempat menjadi finalis Brussels Open, namun dikalahkan oleh Wozniacki. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya