Ahmad Alhabsyi

Ahmad Alhabsyi
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id – Ahmad Alhabsyi lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 17 Mei 1980. Ia memiliki empat saudara. Ayahnya Abu Bakar Alhabsyi adalah keturuan Arab Palembang. Ahmad Alhabsyi menikah dengan Putri Aisyah Aminah dan dikaruniai tiga orang anak.

Viral Anak Habib Cantik dan Lucu Hafal Surah Al-Fatihah

Sejak kecil Ahlbsyi sudah dididik dalam lingkungan agama. Ayahnya seorang penceramah agama.Ia pun dimaskukan sekolah ke Pondok Pesantren Ar Riyadh Palembang.

Saat usia 15 tahun setingkat kelas 3 SMP, pada tahun 1995, ia sudah belajar berdakwah. Sebagai pemula, ia mengikuti jejak ayahnya ikut berceramah keliling Malaysia dan Singapura. Ia pun dikenal sebagai dai cilik. Bekal pendidikan keluarga dan pesantren, ia menjadi percaya diri untuk tampil di depan banyak orang.

Saat Kritis karena Corona, Ustaz Ahmad Alhabsyi Merasa Ajal sudah Dekat

Meski begitu, Ahmad Alhabsyi mengaku tidak pernah memastikan keinginan menjadi penceramah sejak kecil. Awanya hanya sekadar mengikuti lingkungan keluarga dan ayahnya yang dikenal sebagai ustaz di Palembang.

Pada tahun 2000, kala usianya 20 tahun, ia pernah mencoba mengikuti ajang pemilihan model di majalah remaja. Bahkan ia juga sempat ingin terjun di dunia sinetron sebagai artis.

Alhamdulillah, Ustaz Ahmad Alhabsyi Sembuh dari Corona, Tapi...

Pria kerturuan Arab Palembang ini sebetulnya sudah memenuhi syarat untuk penampilannya sebagai seorang bintang. Pada waktu itu, ia ditawarkan casting untuk datang ke Jakarta, tapi  akhirnya ia pulang lagi ke Palembang. Ia teringat pesan almarhum gurunya di pesantren yang tidak setuju pada dirinya menjadi seorang artis.

Sejak itu, ia kembali memastikan karier masa depannya lewat berdakwah bukan dengan menjadi artis. Alhabsyi semakin mantap menjadi dai untuk semua golongan. Tema ceramahnya ringan dan mudah dimengerti. Ia pandai dalam membuat kisah dalam cermahnya. Ia pun berceramah di mana-mana dan  mendapatkan respon positif dari jemaah pengajian.

Pada tahun 2005, kala usia 25 tahun, tepat saat bulan Ramadan ia diundang untuk berduet dengan Ustaz Jefri Albuchori untuk mengisi sebuah program televisi di SCTV. Sejak itu, namanya mulai menasional. Berbagai acara di Jakarta, Ahmad Alhabsy mulai mengisinya.

Ia pun mulai sibuk. Banyak jadwal undangan pengajian. Saking padatnya, ia membentuk managemen yang mengatur kegiatannya dengan nama Al-Habsyi Management beralamat di Kompleks Bumi Harapan Permai, Jalan Bumi Pratama VI Blok H No.5, Kampung Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Namanya pun mulai tersohor. Ceramahnya yang mudah dipahami dan sesekali diselingi canda membetot perhatian televisi stasiuan lainnya. Ia pun mulai mengisi di berbagai program acara televisi. Di Indosiar ia banyak diberi kesempatan untuk program acara agama. Puncaknya, ia jadi salah satu juri pencarian bakat dai dalam program Akademi Sahur Indosiar (Aksi).

BIODATA

Nama Lengkap : Ahmad Alhabsyi
Nama Panggilan : Alhabsyi
Tempat,Tanggal Lahir : Palembang, 17 Mei 1980
Pekerjaan : Penceramah
Akun Media Sosial : Twitter @ustad_alhabsyi
   
KELUARGA  
Istri :Putri Aisyah Aminah
Anak : Muhammad Fachry Al Habsy
    Fatimmah Najla
    Khadijah Najwa

 

PENDIDIKAN

  • Pondok Pesantren Ar Riyadh Palembang

KARIER

  • Dai cilik
  • Ikut Ajang Model Majalah
  • Penceramah
  • Pemilik travel umrah dan haji Alhabsyitravel.net
  • Pengisi acara di program SCTV
  • Pengisi acara di program AKSI Indosiar
  • Pengisi Pengajian Palembang Darussalam
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya