Biodata dan Profil Aria Baron Eks Gitaris Gigi

Penampilan Aria Baron
Sumber :
  • VIVAnews/ Freddy Wally

VIVA – Kabar duka kembali menyelimuti dari panggung hiburan Tanah Air. Eks gitaris Gigi, Aria Baron , meninggal dunia.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Informasi meninggalnya Baron disampaikan sang kakak, dalam akun instagramnya @mawarsari. "Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Baron adikku telah pergi," ungkapnya pada postingan foto dirinya bersama Baron, Selasa (29/6).

Bagaimanakah biodata dan profil Aria Baron Eks Gitaris Gigi? Simak selengkapnya berikut ini.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Profil Aria Baron

Aria Baron Suprayogi atau yang juga dikenal sebagai Baron Arafat adalah gitaris Indonesia kelahiran Bandung, 16 Januari 1970. Baron memulai karir bermusik bersama bandnya, Circus dan Postcard di Bandung. Mereka manggung di berbagai acara kampus.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Belajar alat musik sejak kecil

Baron pernah mengikuti les piano klasik dan kemudian pindah ke gitar akustik di YMI saat berusia 12 tahun. Namun, tidak bertahan lama ia memutuskan untuk belajar otodidak dari teman-temannya. Setelah itu Baron sempat kursus gitar jazz.

Ketika masih sekolah 1 SMA, Aria Baron belajar dengan musisi kawakan Donny Suhendra, Harry Roesli, dan Pra Budi Dharma. Prestasi yang diraih Aria Baron muda dengan mendapatkan gelar gitaris terbaik selama tiga tahun berturut-turut (1986-1988) dari ajang Light Music Contest Yamaha.

Berperan dalam terbentuknya band/rif

Aria Baron turut andil dalam lahirnya band /rif. Bersama dengan Andi (vokal), Iwan (bas), Abi (gitar), Ade (drum) dan Dwi (keyboard), ia membentuk grup musik yang dibernama Badai Band.

Band ini mengusung aliran rok alternatif. Aria Baron memilih mundur dari band ini karena ingin menyelesaikan kuliahnya di Universitas Parahyangan Bandung.

Awal Lahirnya Gigi

Setelah lulus kuliah, Aria Baron pindah ke Jakarta, dan membentuk band Gigi bersama Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Ronald Fristianto (drum), dan Thomas Ramdhan (bas).

Baron memperkuat dua album perdana Gigi yang berjudul Angan (1994) dan Dunia (1995). Pada September 1995, Baron keluar dari band Gigi untuk meneruskan kuliahnya di Communication Arts, di New York Institute of Technology, Amerika Serikat.

Comeback di Tahun 2000

Tahun 2000 ia kembali ke dunia music dan menggagas sebuah band bernama “NO!”. Band ini ia menggandeng Bersama dengan Eel (mantan drumer ADA Band), Adi Dharmawan dan basis Donny Suhendra.

Namun sayangnya, band ini tidak bertahan lama dan berganti nama menjadi Baron Band, dengan perubahan formasi. Digawangi Baron (gitar), Arry Safriadi (vokal), Adi Dharmawan (bas), Aksan Sjuman (additional drumer untuk album) mereka merilis album Baron Volume 01. Untuk keperluan manggung, Baron menggaet Krisna (kibor) dan Iyun (drum) - keduanya personel Discus.

Menggagas Baron's Soulmate

Sempat tidak terdengar kiprahnya di dunia musik, pada tahun 2008, Baron membentuk Baron's Soulmate bersama vokalis Ary dan drumer Jimmy. Mereka pun merilis album perdana Flying High pada Agustus 2008.

Pada Maret 2016, Aria Baron kembali dengan band Gigi. Bukan sebagai personel atau gitaris, namun ia memperkuat tim manajemen. Ia menolak jika disebut sebagai manajer Gigi, karena ada tim yang bekerja untuk mengurus band ini.

Aria Baron sangat jarang mengunggah foto bersama keluarga di akun Instagram terverifikasinya. Aria Baron memiliki istri bernama Zeby Febrina dan dikaruniai dua anak, yang diberi nama Pascal dan Fabian.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya