Viral Video Gereja Disebut Ibadah Saat PPKM Darurat Ternyata Vaksinasi

Undangan vaksinasi di kompleks gereja di Jalan Bratayuda Garut
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Sebuah video berdurasi 24 detik beredar melalui WhatsApp Group (WaG). Video tersebut diambil dari dalam kendaraan yang melintas di Jalan Bratayudha, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Jawa Barat. Dalam video tersebut terdapat suara laki-laki yang menjelaskan gambar yang bernada provokasi pada Senin 5 Juli 2021.

Olga Pura-pura Meninggal Agar Lolos dari Maut

"Di seputaran daerah Bratayuda yang ada gereja. Ini China (warga keturunan) semua lagi beribadah di gereja nih. Sementara orang-orang Islam Muslim tidak boleh ke masjid. Itu di gereja mah banyak ini di jalan Bratayuda saudara-saudara. Tolong diinformasikan nih," demikian kata suara dalam video.

Kapolres Garut AKBP. Wirdhanto Hadicaksono membenarkan adanya video tersebut dan pihaknya sudah melakukan klarifikasi kegiatan di sana. Saat video tersebut diambil memang bertepatan dengan kegiatan pelaksanaan vaksin di lingkungan gereja sehingga bukan sedang beribadah.

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

"Betul, saat ini kami sedang melakukan penyelidikan," ujar Wirdhanto pada Senin 5 Juli 2021 malam.

Polres Garut akan mencari siapa yang diduga pembuat dan pengunggah video yang disampaikan melalui pesan WhatsApp Group.

Sadis! Ibu Rumah Tangga di Garut Tewas Dibunuh, Anak Korban Luka Berat dan Motornya Dicuri

"Ya tetapi kami masih melakukan penyelidikan terlebih dahulu, " katanya.

Sementara Bupati Rudy Gunawan mengatakan bahwa kegiatan di lingkungan gereja Jalan Bratayuda merupakan kegiatan vaksinasi COVID-19. Pihaknya memastikan bahwa pelaksana vaksin COVID-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut yang dilaksanakan Senin 5 Juli 2021.

" Tidak benar Itu bukan sedang beribadah tapi kegiatan vaksinasi massal karena ibadah di gereja ditutup," kata Rudy Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya