Cerita di Balik Hadiah Bupati Cup Rp95 Ribu yang Viral di Medsos

Hadiah juara bupati cup
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Hadiah Bupati Cup senilai Rp95.000 untuk ajang pertandingan olahraga yang berlangsung di Pandeglang Banten viral di media sosial. Dalam unggahan yang viral tersebut beredar sebanyak tiga foto amplop bertuliskan Juara Panjat Tebing Bupati Cup 2021. Terlihat pula amplop yang berlogo Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Sedangkan pada masing-masing amplop dalam foto berjejer sejumlah uang. Diketahui bahwa jumlah untuk amplop bertuliskan Juara sebesar Rp165.000 dan Juara III Rp95.000.

Tanggapan Dispora Pandeglang

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Terkait beredarnya foto tersebut, Dispora Pandeglang Ahmad Jubaedi membenarkan foto hadiah untuk Bupati Cup. Ia mengatakan jika jumlah dalam foto beredar tersebut sudah terkena pajak. Jubaedi mengatakan bahwa itu merupakan uang pembinaan. Mereka menyampaikan juara I Rp 225.000, juara II Rp175.000 dan juara III Rp100.000.

Pihaknya mengaku tidak memotong sedikitpun hanya terdapat potongan untuk pajak negara. Selain itu Jubaedi mengakui kalau jumlah hadiah yang mereka berikan tidak besar lantaran menyesuaikan berdasarkan anggaran tersedia.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Kemudian mereka membagi anggaran dengan empat cabang dan sekitar 50 nomor untuk pertandingan. Diketahui bahwa Bupati Cup merupakan event tahunan guna pembinaan prestasi multievent tingkat pelajar.

Diketahui jika total anggaran untuk penyelenggaraan event Bupati Cup berjumlah 150 juta rupiah dari anggaran perubahan. Sedangkan anggaran untuk hadiah Bupati Cup sebesar hampir 30 juta rupiah.

Jubaedi menjelaskan bahwa uang tersebut bukan untuk ke hadiahnya saja namun juga untuk penyelenggaraan, medis serta keamanan. Karena anggaran minim serta waktu terbatas, maka hanya terdapat empat cabang olahraga yang ikut dalam event. Cabang olahraga tersebut diantaranya futsal, karate, pencak silat dan panjat tebing. Menurutnya nominal yang diberikan itu sudah sesuai berdasarkan kesepakatan antara pihak panitia dan perwakilan setiap cabor.

Tanggapan Bupati Pandeglang Terkait Hadiah Bupati Cup Rp95.000

Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yandhi Deslatama.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita turut angkat bicara tentang hadiah event olahraga tersebut. Dia mengaku tidak mengetahui adanya kompetisi olahraga yang bernama Bupati Cup dengan hadiah Rp95.000. Irna pun juga meminta kegiatan tersebut dilacak untuk kebenarannya. Berdasarkan hasil penelusuran, Irna berkata kalau acara terlaksana tanpa sepengetahuan dari pihak kepala daerah.

Lewat sebuah keterangan tertulis, ia mengatakan pihaknya tidak tahu ada event bernama Bupati Cup yang terselenggara dari Dispora. Selain itu Irna juga meminta para pemenang lomba tersebut mendapat tambahan hadiah Bupati Cup. Irna mengatakan akan bertanggung jawab dan nantinya memberikan tambahan kepada para pemenang Bupati Cup 2021.

Selain itu, Irna menegaskan kembali kalau selama PPKM Level III, Pemerintah Kabupaten Pandeglang tidak menggelar acara. Terlebih acara tersebut bisa mengundang kerumunan termasuk event bertema olahraga. Sementara itu, KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) juga mengaku tak tahu tentang acara Bupati Cup.

Ketua Harian KONI Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan, ia mengecek ke kesekretariatan KONI dan tidak ada undangan maupun pemberitahuan Bupati Cup. Seharusnya pihak penyelenggara harus bersurat lantaran bagaimanapun perlombaan cabang olahraga berada di naungan KONI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya