Viral Rencana Keuangan Keluarga yang Bikin Netizen Geleng Kepala

Rencana keuangan
Sumber :
  • instagram.com

VIVA – Ketika seorang wanita sudah memutuskan menikah pastinya pengeluaran serta anggaran setiap bulannya berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya seorang wanita membuat rencana keuangannya untuk dirinya sendiri selama tiap bulannya.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

Berbeda setelah sudah menikah, tentunya rencana keuangan setiap bulannya perlu lebih diperhatikan agar bisa mendapatkan sisa lebih di akhir bulan. Bagi seorang wanita yang sudah menikah, membuat rencana keuangan keluarga setiap bulannya tentu sangat diperlukan.

Ketika sudah berumah tangga, seorang wanita harus pandai mengatur pengeluaran serta pemasukan keluarganya.Hal tersebut demi kesejahteraan keluarganya di masa depan dan meminimalisir banyaknya pengeluaran yang tidak terlalu penting.

KUA Depok dan Ketua RT Buka Suara Soal Rencana Pernikahan Ayu Ting Ting dan Anggota TNI

Seperti yang dilakukan oleh wanita satu ini yang aksinya baru-baru beredar di media sosial. Melansir unggahan video yang dibagikan oleh akun Instagram @jagad.viral pada 18/01/2022 kemarin. Di mana, beredar di media sosial sepucuk kertas berisikan rencana keuangan keluarga yang dibuat oleh seorang wanita dengan gaji sebesar Rp 3juta.

INFOGRAFIK : Rincian Rencana Perjalanan Haji 1445 H/2024 M

Pada video tersebut memperlihatkan sebuah rencana keuangan keluarga yang tertulis dengan begitu detail atau terperinci. Rencana keuangan tersebut rupanya untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran setiap bulannya sebuah keluarga yang terdiri dari istri, suami dan anak.

Pada unggahan tersebut, nampak daftar perincian kebutuhan-kebutuhan apa saja yang akan dibeli dan dibayarkan dalam 1 bulan kedepan. Nampak di bagian tulisan paling atas, jumlah pendapatan yang diterima wanita tersebut dalam 1 bulan, yaitu Rp 3 Juta.  Setelah itu dilanjutkan deretan daftar pengeluaran yang harus dikeluarkan selama 1 bulan penuh. 

Dimulai dari beras yang dibelinya sebanyak 10 kg dengan harga Rp 80ribu, gas ukuran 3 kilo yang dibeli sebanyak 3 kali dengan harga Rp 38 ribu, serta ada galon yang dibeli selama sebulan hanya 2 kali dengan nilai Rp 38 ribu.

Dari semua perincian pengeluaran yang telah disebutkan, rupanya ada beberapa jenis pengeluaran yang membuat warganet jadi geleng kepala. 

Hal tersebut lantaran, nilai yang tertulis dalam perincian pengeluaran itu tidak sebanding dengan kenyataan.

Sebut saja salah satu contohnya kebutuhan listrik yang diperlukan dalam sebulan. Di mana pada rencana keuangan di atas dirinya menyebutkan hanya mengeluarkan Rp25ribu untuk kebutuhan listriknya. Bagaimana bisa Rp 25 ribu untuk sebulan?

Sontak saja dengan adanya perencanaaan pengeluaran ini membuat warganet jadi ikut bertanya-tanya dan tidak sedikit yang terpancing hingga berkomentar serta mempertanyakan jenis listrik seperti apa yang digunakan.

Ternyata tidak hanya listrik yang jadi sorotan warganet, tapi juga penggunaan barang-barang yang digunakan selama sebulannya. Mulai dari minyak, sabun mandi dan sabun cuci piring yang juga jadi pertanyaan warganet.

Bagaimana bisa biaya pengeluaran untuk sabun mandi hanya Rp 4ribu dalam sebulan, sabun cuci piring Rp 5ribu selama 1 bulan dan untuk minyak hanya mengeluarkan Rp34ribu sebulan.

Sontak saja unggahan rencana keuangan keluarga ini beredar di media sosial dan menjadi perhatian warganet khususnya emak-emak yang paham betul dengan ketidak masuk akalan rencana keuangan yang dibuat oleh wanita ini.

Tidak sedikit yang memperdebatkan ketidakmasuk akalan rencana keuangan keluarga ini.

"ibu2 pasti bs melihat ketidak masuk akalnya," tulis natusha_.

"listrik 25rb sisanya pakai pelita atau numpang tetangga?" tambah indah_**.

"fokusku ke pembersih lantai 2000? berarti dpt 4 pcs yang harga 500 rupiah?sebulan? berarti ngepel rumah seminggu sekali kah?" saut ummamah_**.

"Ga masuk akal, bb, za sehari mini 50ribu," tambah mrs.m**.

"Saya 2 dewasa dan 4 anak, alhamdulilah gaji suami dan saya jika digabung jd 5 juta, cuukup loh. bisa nabung juga, berkah," tambah lala_*.

"Tetangga saya banyak yg istrik sebulan g sampe 20k katanya, tanpa tv, kulkas dll lampu aja yang wattnya kecil," tambah hundred_n*.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya