Datang ke Pesta Pernikahan di Madura, Tamu Sawer Pengantin

pengantin asal Madura yang disawer tamu
Sumber :
  • tangkapan layar instagram @viralbanget.tv

VIVA Trending – Pernikahan di Indonesia memiliki berbagai macam tradisi di setiap daerah. Namun pada umumnya, para tamu yang datang ke pesta pernikahan membawa amplop yang berisi sejumlah uang.

Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Namun ada tradisi yang berbeda dari Madura. Seperti dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @viralbanget.tv pada Selasa, 2 Agustus 2022. Tayangan video itu memperlihatkan sepasang pengantin yang diberi uang oleh tamu undangan. 

Bukan diberi menggunakan amplop, para tamu melempar lembaran uang kertas kepada pengantin seperti sedang nyawer. Padahal pada umumnya pengantin disiram oleh taburan bunga. 

Warung Madura di Denpasar Buka 24 Jam, Jayanegara: Jaga Ketertiban Jika Sepi Istirahat

pengantin asal Madura disawer para tamu

Photo :
  • tangkapan layar instagram @viralbanget.tv

Biasanya kegiatan nyawer ini diberikan kepada penyanyi dangdut yang menghibur para hadirin di pesta pernikahan atau sunatan. 

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Dalam video tersebut pengantin duduk di sebuah panggung sementara para tamu kerap berdatangan melemparkan beberapa uang kertas kepada mereka. Sepasang pengantin itu tetap duduk manis sembari uang berjatuhan di depannya. 

Baju yang dikenakan pengantin tak kalah unik. Pakaian mereka ditempelkan sejumlah uang kertas dengan nominal Rp100.000.

pakaian pengantin Madura yang ditempel uang kertas

Photo :
  • tangkapan layar instagram @viralbanget.tv

Berdasarkan informasi yang beredar, tradisi sawer di Pulau Madura tersebut bernama ontalan. Kegiatan ini dilakukan ketika seorang pria keturunan Madura akan meminang wanita yang dijadikan calon istri. 

Pihak keluarga pria memberi atau ‘jago nyagoni’ kepada calon menantu wanita. Mereka percaya dengan adanya ontalan menjadi tanda awal untuk memberikan rezeki bagi calon mantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya