Penjelasan Taman Safari Prigen Soal 2 Singa Berkelahi hingga Tubruk Mobil

Mobil pengunjung Taman Safari Pringen ditabrak Singa
Sumber :
  • TikTok

VIVA Trending – Dua singa jantan Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) berkelahi hingga tubruk mobil Toyota Yaris viral di media sosial baru-baru ini. Diketahui kejadian tersebut terekam pada 22 Januari 2023 lalu.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Tampak dalam video yang beredar, kedua singa jantan tersebut berlari cukup kencang hingga salah satu dari mereka menabrak mobil pengunjung. Akibat kejadian tersebut lampu kiri-belakang mobil pecah dan bodi mobil penyok.

Kerbau liar Afrika diburu hewan singa.

Photo :
  • U-Report
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Terkait hal ini, Taman Safari Prigen mengkonfirmasi bahwa dua singa bernama Debo dan Frans tersebut sedang menunjukkan kebiasaan alami atau natural behavior. Dalam kata lain, keduanya tengah pamer kekuatan di hadapan kawanan singa betina.

"Dalam kelompok mereka terdapat delapan ekor betina (Gendis, Garnis, Vivi, Fina, Pikanin, Mafuta, Feneli, dan Felisha), di mana terdapat betina yang memasuki masa kawin atau siklus birahi," tulis Taman Safari Prigen dikutip dari situs resmi, Senin 13 Februari 2023.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

TSI Prigen menyebut bahwa dalam satu kelompok singa (pride) normal jika terdapat dua pejantan. Namun, hanya terdapat satu pejantan yang dominan (alpha male). Sehingga saat ada salah satu betina yang memasuki siklus birahi maka singa jantan akan menunjukkan siapa yang terkuat dari mereka.

“Hal inilah yang terjadi dalam video. Debo si jantan dominan mengusir Frans yang hendak mendekati betina. Debo beranggapan Frans ingin mengajak bertarung dan ingin merebut betina yang ada dalam pride,” tulis TSI Prigen

Mereka mengatakan bahwa Ranger atau keeper singa telah berupaya melerai perkelahian tersebut, namun belum sempat dihentikan, Frans telah berlari menjauh hingga menabrak mobil pengunjung.

Meski terjadi benturan yang dianggap cukup keras, TSI Prigen mengkonfirmasi bahwa singa Frans dan Debo masih dalam kondisi sehat dan kini telah mendapat perhatian khusus.

Perihal rusaknya kendaraan milik pengunjung, TSI Prigen mengatakan bahwa setiap tiket masuk sudah termasuk asuransi bagi penumpang maupun kendaraan.

“Hal ini adalah sifat alami dari singa di alam liar. Perlu kita ketahui bersama bahwa satwa tentu masih memiliki sifat alamiah mereka. Oleh karena itu, Taman Safari Indonesia mengimbau para pengunjung untuk menaati aturan dan mengikuti arahan petugas,” demikian TSI Prigen

Mobil pengunjung Taman Safari Pringen ditabrak Singa

Photo :
  • TikTok
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya