Usai Bolehkan Santri Berzina, Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Khutbah Pakai Ayat Alkitab

Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita
Sumber :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Indramayu – Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat kembali menjadi bahan pembicaraan publik setelah disebut memperbolehkan berzina karena dosanya bisa ditebus dengan uang. Bukan hanya itu, dia juga sempat membuat kontroversi saat Idul Fitri beberapa waktu lalu. 

Top Trending: Sosok Kapolda Papua Putuskan Masuk Islam hingga Hukum Pria Sholat Tanpa Penutup Kepala

Kontroversi dilanjutkan dengan adzan yang tidak lazim hingga ingin membangun gereja di lingkungan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu. 

Terkini, Pimpinan Ponpes Al-Zaytun itu kembali mendulang perhatian karena menyampaikan khutbah dengan mengutip salah satu ayat dalam Alkitab atau kitab Injil yang digunakan sebagai pedoman hidup oleh umat Kristen. Dalam video yang diunggah kanal YouTube @ENN Indonesia itu tampak cuplikan Panji Gumilang sedang menyampaikan ceramahnya di mimbar masjid. Dalam judul video tersebut tertulis "Detik-detik Panji Gumilang baca Kitab Injil saat khutbah Idul Fitri 1444 Hijriah.”

1 Dosa Ini Tak Terampuni Allah, Begini Kata Ustadzah

Pada awalnya, Panji Gumilang mengatakan bahwa bangsa Yahudi merupakan keturunan nabi. Ia kemudian melanjutkan ceramah dengan membahas soal Kitab Perjanjian Lama, dan Perjanjian Baru yang dimiliki umat Kristiani.

“Jika bicara nasab nabi yang ada di sejarah umat manusia, kita tidak bisa melupakan kitab perjanjian, perjanjian lama maupun baru,” kata Panji Gumilang dikutip dari kanal YouTube ENN Indonesia, pada Selasa, 7 Juni 2023.

Dari Indonesia hingga Italia, Majelis Hukama Muslimin Promosikan Toleransi selama Ramadhan

Ceramah Panji Gumilang itu dilanjutkan dengan membaca ayat dari Kitab Perjanjian Lama yang menjelaskan tentang sejarah Palestina dan Israel yang termaktub dalam kitab tersebut. Tanpa ragu, Pimpinan Ponpes Al-Zaytun itu mengutip ayat dari kitab Injil. 

"Saudara dari sejarah Kitab Perjanjian Lama Pasal 11 ayat 26. Seorang yang besar bernama Tera keturunan daripada Nuh melahirkan seorang putra termasuk Ibrahim. Lalu kita umat Islam menyebutnya dengan Nabi Ibrahim as atau Kholilurrahman atau Kholilullah," ucapnya. 

Sholat

Photo :
  • 1479722

Diketahui, ayat dari Alkitab tersebut menyampaikan bahwa bangsa Arab dan Israel adalah anak Nabi Nuh AS yang bernama SAM. Hal ini ditegaskan Panji bahwa bangsa Israel masih keturunan nabi ketika dirinya mengutip kitab Sirah Nabawiyah. 

Sontak saja video tersebut mendulang beragam komentar dari warganet yang mengatakan tidak sepantasnya saat khutbah merujuk pada kitab suci agama lain. Apalagi, ibadah yang sedang dikerjakan adalah tentang Islam. 

"Lah kenapa kayak khutbah sama orang Kristen. Kan kita lagi ibadahnya umat Islam," tulis warganet. 

"Syeikh nya lagi ngigau kali. Maklum masih terbawa suasana hati kekafiran," timpal lainnya.

"Astaghfirullah, katanya ulama kok malah ngajarin tentang agama lain," kata yang lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya