Cerita 4 Anak Korban Kecelakaan Pesawat, Bertahan Hidup 40 Hari di Hutan Amazon

Militer Kolombia selamatkan 4 anak korban pesawat jatuh di Hutan Amazon
Sumber :
  • Twitter

Jakarta – Empat orang anak ditemukan selamat setelah 40 hari terlunta-lunta di hutan Amazon pasca insiden pesawat yang mereka tumpangi jatuh di Kolombia Selatan pada 1 Mei 2023.

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

Empat anak tangguh itu adalah Lesly Jacobo Bonbaire (13), Solecni Ranoque Mucutuy (9), Tien Noriel Ronoque Mucutuy (4), dan Christian Neryman Ranoque (1).

Militer Kolombia selamatkan 4 anak korban pesawat jatuh di Hutan Amazon

Photo :
  • Twitter
Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Mengutip laporan Guardian, Senin 12 Juni 2023, keempat anak tersebut ditemukan bersama dengan jasad ibunya Magdalena Mucutuy Valencia, pilot Hernando Murcia dan seorang tokoh Yarupar Herman Mendoza Hernandez.

Dua minggu sejak dikabarkan jatuh di dalam hutan, operasi besar-besaran pun dilakukan dengan melibatkan lebih dari ratusan pasukan khusus Kolombia, 70 pengintai pribumi untuk menyisir lebatnya hutan dan anjing pelacak.

Menakjubkan, Ini 7 Keajaiban Dunia Baru yang Harus Kamu Tahu

Helikopter pun melayang di atas area sekitar kecelakaan, menyiarkan pesan dari nenek keempat anak tersebut bahwa mereka tidak dilupakan serta meminta mereka untuk tetap berada di satu tempat.

Selama berminggu-minggu melakukan pencarian tim penyelamat berhasil menemukan jejak keberadaan keempat anak itu, seperti popok kotor dan botol, helikopter pun diminta menjatuhkan makanan ke area tersebut agar keempat anak itu dapat bertahan hidup di tengah dinginnya hutan.

Salah satu anggota keluarga dari bocah itu mengatakan Lesly Jacobo setidaknya memiliki pengalaman di hutan. Sementara, dari markas komando gabungan, Brigjen Pedro Sanchez yakin bahwa anak-anak itu masih bertahan hidup.

Menurutnya, mayat akan lebih mudah ditemukan daripada kelompok kecil yang bergerak di dalam hutan yang lebat. "Ini bukanlah pencarian jarum di tumpukan jerami, ini adalah pencarian kutu kecil di karpet yang luas, karena mereka terus bergerak," katanya.

Militer Kolombia selamatkan 4 anak korban pesawat jatuh di Hutan Amazon

Photo :
  • Twitter

Jumat, 9 Juni 2023 sekitar pukul 16.00 waktu setempat, informasi masuk mengatakan bahwa mereka menemukan keajaiban atau miracle, merupakan kode untuk merujuk seorang anak yang ditemukan hidup.

"Keajaiban, keajaiban, keajaiban, keajaiban," kode tersebut diulang sebanyak empat kali, yang merujuk bahwa keempatnya selamat bertahan hidup di hutan Amazon.

Adapun tim penyelamat berhasil menemukan kempatnya setelah mendengar tangisan dari anak bungsu yang masih bayi. Keempatnya ditemukan dalam kondisi lemas dan pada bagian tubuh ditemukan adanya banyak gigitan serangga.

Akun Twitter militer Kolombia membagikan kabar bahagia ini pada Sabtu, 10 Juni 2023. Dilihat pada gambar yang diunggah, tentara dan relawan berpose bersama empat anak yang terbungkus selimut termal.

Anak-anak yang tampak kurus di foto itu kemudian diperiksa oleh dokter sebelum diterbangkan Angkatan Udara Kolombia dengan ambulans udara menuju Komando Udara Transportasi Militer di Ibu Kota Bogota, Sabtu dini hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya