Viral Lagu Malaysia "Helo Kuala Lumpur" Diduga Jiplak Lagu "Halo Halo Bandung", Netizen Geram

Lagu Helo Kuala Lumpur yang diyakini menjiplak lagu Halo-Halo Bandung
Sumber :
  • Youtube

VIVA Trending – Warga Indonesia pasti sudah tak asing dengan lagu nasional negara ciptaan Ismail Marzuki "Halo-Halo Bandung". 

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Namun, baru-baru ini, viral di media sosial sebuh lagu anak-anak dari Malaysia yang berjudul "Helo Kuala Lumpur”, diduga menjiplak lagu "Halo-Halo Bandung" karena kemiripan nada dan lirik dari keduanya. 

Lagu tersebut diunggah di kanal YouTube Kids bernama Lagu Kanak TV dengan judul "Nasyid Kanak-Kanak Islam Malaysia. Helo Kuala Lumpur. Lagu Patriotik Malaysia”,” dilansir Selasa 12 September 2023.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Lagu Helo Kuala Lumpur yang diyakini menjiplak lagu Halo-Halo Bandung

Photo :
  • Youtube

Kanal YouTube tersebut merupakan kanal khusus anak-anak usia 2-9 tahun dan berisi konten lagu dan cerita khusus untuk anak-anak. Ternyata, lagu "Helo Kuala Lumpur" itu sudah diunggah sejak 3 tahun lalu, tepatnya pada 2018 di kanal Youtube Lagu Kanak TV. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Tidak hanya nada irama hingga melodi yang mirip, liriknya pun memiliki kemiripan, bahkan nyaris sama dengan lagu nasional Indonesia tersebut. 

Liriknya hanya merubah beberapa bagian dari lagu "Halo-Halo Bandung” saja. 

Berikut lirik lagu "Helo Kuala Lumpur":

Hello Kuala Lumpur
Ibu kota keriangan
Hello Kuala Lumpur
Kota Kenang-kenangan

Sudah lama aku
Tidak berjumpa denganmu
Sekarang sudah semakin maju
Aku suka sekali

Hingga kini, video tersebut banyak diunggah kembali di berbagai sosial media dan membuat banyak netizen Indonesia geram. "Kenapa nggak habis habis ya kayanya negara tetangga kita ini nyari masalah wkwk apa susahnya buat lagu lain sih? Harus banget nyiplak?" komen netizen di Twitter dengan geram.  

Namun, tak sedikit pula yang bertanya dan ingin melaporkan kejadian ini ke pihak berwenang. "Kalau kaya gini, sebenarnya boleh gak sih? Apalagi lagu Halo Halo Bandung tuh kan lagu nasional. Ini kita bisa lapor kemana ya?," tanya salah satu netizen. 

Perlu diketahui, lagu "Halo-Halo Bandung" merupakan salah satu lagu perjuangan Indonesia ciptaan Ismail Marzuki yang menggambarkan semangat perjuangan rakyat kota Bandung dalam masa pasca kemerdekaan pada tahun 1946, khususnya dalam peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tanggal 23 Maret 1946.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya