Viral Pungli di Babelan Bekasi Resahkan Sopir Truk, Mirisnya Polisi Tak Kunjung Menindak

Pungli di Babelan Bekasi buat resah sopir truk
Sumber :
  • Instagram

Bekasi – Aksi pungutan liar (pungli) di Babelan, Bekasi membuat resah sopir truk. Bagaimana tidak, aksi itu dilakukan puluhan orang yang tak segan melakukan kekerasan jika tak diberi uang.

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Media Asing Soroti Anugerah Jenderal Prabowo

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @kamerapengawas.id Sabtu, 23 September kemarin, aksi pungli di Babelan itu direkam oleh seorang sopir truk yang melintas di jalan tersebut pada malam hari.

Sopir truk mengatakan, aksi pungli di Babelan bukanlah hal baru. Menurutnya para pelaku pungli kerap memaksa sopir untuk memberi mereka uang.

Kesal Gak Dikasih Uang, Aksi Premanisme di Tanah Abang Gedor Kaca Mobil hingga Pecah

“Kerja kalian apa? Polisi? PNS? Kantoran? Mana lah main. Pungli lah, malakin sopir,” ujar sopir truk dalam video tersebut, dilihat Minggu, 24 September 2023.

Viral Remaja Wanita di Batam Ditendang Kepalanya hingga Diinjak, 4 Pelaku Ditangkap

Sopir truk itu mengungkap besaran uang yang diminta para pelaku pungli, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5.000. Jika sopir berani menolak mereka tak segan melakukan kekerasan.

“Minta Rp1.000 tinggal bikin satu jari, Rp2.000 dua jari, Rp5.000 tinggal bikin lima jari langsung dapat. Gak ngasih? maki-maki sopirnya. Ngelawan? gebukin," sambung si sopir

Dalam video tersebut juga terlihat jelas puluhan pelaku pungli berjejer di sepanjang jalan Babelan, Bekasi. Parahnya, jarak antar mereka hanya sekitar 2 sampai 5 meter. Terlihat seluruh pelaku mengenakan kaos seragam, diduga berasal dari kelompok yang sama.

Seperti yang disampikan sopir truk, para pelaku terlihat menjulurkan tangannya saat truk melintas. Ada yang mengangkat satu jari, dua jari dan lima jari menandakan besaran nominal yang mereka minta.

"Tengok nih, dua meter satu, lima meter satu. Gak berjarak lagi, pernah kalian lihat pungli kayak gini di Indonesia?” kata sopir truk

Pungli di Babelan Bekasi buat resah sopir truk

Photo :
  • Instagram

“Ini lah ni gak pakai modal, gak perlu sekolah. Tinggal berdiri aja, tinggal bikin jari langsung cair," kata sang sopir,” sambungnya

Si sopir mengaku resah, kendati aksi pungli ini sudah berlangsung lama, namun sampai saat ini belum ada penindakan dari pihak kepolisian setempat.

"Gak ada berani nangkap sini. Polisi mungkin gak berani nangkap sini nih. Babelan ini Babelan, Kabupaten Bekasi,” tutupnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya