Fakta-fakta Elia Myron, Pria yang Diduga Hina Nabi Muhammad dan Al Quran

Elia Myron
Sumber :
  • YouTube dr. Richard Lee, MARS

VIVA Trending – Nama Elia Myron kini tengah menjadi perbincangan. Elia dengan berani, melalui media sosialnya, sering membahas dan berdebat mengenai agama, khususnya agama Islam, Kristen dan Yahudi.

Fakta-Fakta Angin Puting Beliung di Rancaekek yang Disebut Tornado Menurut BRIN

Kontennya tersebut tentu seringkali memancing perdebatan dan menjadi perbincangan di media sosial.

Yang terbaru, ia dianggap 'melecehkan' junjangan umat Islam, yaitu Nabi Muhammad SAW.

5 Ciri Orang Kafir yang Disebut Dalam Al-Quran, Ada di Kamu?

Elia Myron

Photo :
  • YouTube dr. Richard Lee, MARS

Berikut fakta-faktanya: 

Fakta-fakta 'Geng Tai' yang Diduga Terlibat Kasus Bullying Siswa SMA Binus Serpong

Awal mula

Pada awalnya, ada seorang warganet yang memberikan komentar soal pemikiran Elia. 

“Dengan nada bicaranya yang merdu, kepolosan wajahnya, dan pembawaannya, orang akan sangat menerima apa yang dia katakan, walaupun isinya kosong..,” tulis warganet seperti dilansir dari akun TikTok @dhyonlee_story pada Selasa, 28 September 2023. 

Ketika membalas komentar tersebut, Elia diduga melayangkan perkataan tak pantas kepada nabi tertentu, “setidaknya saya tak seperti nabi palsu, yang moralnya rusak dan isinya juga kosong,” tulis Elia menanggapi komentar tersebut. 

Meski tidak menyebut dengan gamblang, namun warganet meyakini bahwa Elia merujuk pada Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya itu, ia juga "menyenggol" tentang kitab suatu agama. Dalam akun TikTok @patih520, diunggah sebuah video yang memperlihatkan perkataan menghina agama Islam. 

“Alkitab kita sudah sempurna dan selesai dikanonkan pada akhir abad ketiga, sebelum kedatangan tulisan-tulisan palsu itu. Al-kitab ini sudah selesai dikanonkan gereja Katolik sebelum tulisan-tulisan palsu itu datang,” ujar Elia.

Seperti diketahui, dalam agama Samawi, kitab yang turun setelah Alkitab adalah Al Quran, yang mana adalah kitab yang turun terakhir. 

Sempat tantang Kemenag

Tak hanya beberapa hal di atas, warganet semakin geram dengan Elia karena unggahannya yang kontroversial di TikTok, yang mana meminta Kementerian Agama (Kemenag) RI mereformasi tafsir Al Quran. 

Elia menyebut tafsir Al Quran di surah Al-A'raf ayat 157 merusak pandangan teologi Kekristenan dan dianggap sebagai memicu perpecahan antar umat beragama di Indonesia.

Tak sampai disitu, Elia juga mengajak negizen di sosial media untuk menandatangani petisi reformasi tafsir Al Quran tersebut kepada Kemenag RI.

Dia meminta Kemenag untuk mengubah tafsir Al Quran agar tidak terjadi perpecahan antar umat Islam dan Kristen. Hal ini tentu membuat banyak netizen, khususnya umat islam, berang. 

Penganut Agama Kristen

Elia menyatakan bahwa dirinya adalah penganut agama Kristen Protestan. Ia kini tinggal di Amerika Serikat. 

Jenis kelamin 

Pertanyaan seputar jenis kelamin Elia sempat menjadi misteri. Pada sebuah episode podcast wawancara di kanal Youtube dr. Richard Lee pada 16 November 2023, Elia dengan terus terang berkata bahwa dirinya berkelamin laki-laki.

Meskipun begitu, Elia tidak menutup diri terhadap kenyataan bahwa penampilan dan suaranya yang lembut seringkali menimbulkan kesalahpahaman dan kadang membuat orang bingung, mengira bahwa ia seorang perempuan.

Miliki banyak penggemar

Elia Myron

Photo :
  • YouTube dr. Richard Lee, MARS

Elia termasuk memiliki banyak penggemar dan pengikut di sosial mediany.

Akun TikTok Elia, @wawasanelia memiliki 236,5 ribu pengikut sementara akun Instagram-nya @wawasan_elia memiliki 8.293 pengikut.

Elia juga memiliki kanal YouTube bernama Anargya Elia Inc yang sudah memiliki 1,56 ribu pengikut.

Melalui akunnya tersebut, Elia Myron memberikan Pendapat serta penjelasan tentang beberapa hal yang dianggap keliru dalam ilmu Kekristenan. Namun, beberapa penjelasannya tersebut mengundang perdebatan hingga namanya menjadi perbincangan di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya