Kematian Tragis Pemeran Utama Film Hits India 1980-an Nagina, Sridevi

Aktris legendaris India, Sridevi.
Sumber :
  • The Quint

VIVA – Nagina merupakan salah satu film romantis legendaris India. Film ini diproduksi tahun 1986 dan disutradarai oleh Harmesh Malhotra. 

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Film ini dibintangi oleh bintang cantik Sridevi sebagai Rajni, seorang siluman ular Nāginī yang menikahi warga biasa untuk membalas kematian pasangannya di tangan orang suci yang jahat. 

Film ini juga dibintangi oleh Rishi Kapoor, Komal Mahuvakar, Amrish Puri, Sushma Seth dan Prem Chopra. Kemudian dialih suara dalam bahasa Telugu sebagai Naagini.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Setelah dirilis, film tersebut sukses dengan pendapatan kotor tertinggi kedua pada tahun 1986. Film itu pun menjadi film blockbuster terbesar di tahun tersebut. 

Dan film ini menjadi momen penting dalam industri film, karena film tersebut, meskipun merupakan film yang berpusat pada perempuan sebagai tokoh utama, namun berhasil sukses secara komersial. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Nagina juga sekaligus dianggap sebagai film yang mengukuhkan posisi Sridevi sebagai bintang wanita terbesar di tahun 1980-an, menyaingi bintang pria seperti Amitabh Bachchan dan Dharmendra.

Sekuel film tersebut dirilis; Nigahen: Nagina Part II (1989), namun gagal secara komersial. Saat ini, Nagina dianggap sebagai salah satu penampilan terbaik Sridevi.

Profil Sridevi

Aktris bernama lengkap Shree Amma Yanger Ayyapan ini lahir di Madras pada 13 Agustus 1963. Tapi dia lebih dikenal secara profesional dengan nama Sridevi. Dia disebut sebagai "superstar wanita pertama" di industri film India.

Sridevi meraih berbagai penghargaan, di antaranya: National Film Award, 4 Filmfare Awards, termasuk Filmfare Lifetime Achievement Award, 3 Filmfare Awards South, 2 Tamil Nadu State Film Awards, 1 Kerala State Film Award, dan Nandi Award.

Karier Sridevi berlangsung lebih dari 50 tahun di berbagai genre. Dia dikenal karena kepribadiannya yang pendiam dan tertutup di luar layar.

Namun kepribadiannya yang keras kepala dan blak-blakan di layar, sering kali berperan sebagai wanita yang berkemauan keras.

Pada tahun 2013, Sridevi dianugerahi Padma Shri, penghargaan sipil tertinggi keempat di negara itu. Dia terpilih sebagai "Aktris Terbesar India dalam 100 Tahun" dalam jajak pendapat nasional CNN-IBN yang dilakukan pada tahun 2013.

Sridevi memulai debutnya sebagai seorang anak dalam film Tamil tahun 1967 Kandhan Karunai pada usia empat tahun, dan mulai memainkan peran utama sebagai seorang anak dalam film mitologi Tamil tahun 1969 karya M. A. Thirumugam, Thunaivan. 

Peran pertamanya sebagai orang dewasa di layar muncul pada tahun 1976 pada usia 13 tahun, dalam film Tamil Moondru Mudichu. 

Dia segera memantapkan dirinya sebagai bintang wanita terkemuka di Sinema India Selatan, dengan peran dalam film seperti 16 Vayathinile (1977), Premabhishekam (1981), hingga Kshana Kshanam (1991).

Peran utama Sridevi yang pertama dalam sinema Hindi muncul dalam film drama Solva Sawan (1979), dan ia menerima pengakuan yang lebih luas untuk film aksi Himmatwala (1983). 

Dia muncul sebagai bintang film Hindi terkemuka dengan beberapa kesuksesan. Dia mendapat pujian atas penampilannya di Sadma (1983), Nagina (1986), ChaalBaaz (1989), hingga Judaai (1997). 

Sridevi Kapoor

Photo :
  • Instagram Sridevi

Setelah rehat, ia memainkan peran utama dalam sitkom televisi Malini Iyer (2004–2005). Sridevi kembali ke dunia akting film dengan drama komedi English Vinglish (2012) dan memainkan peran filmnya yang ke-300 sekaligus terakhirnya dalam film thriller Mom (2017).

Akhir Tragis Sridevi

Pada 20 Februari 2018, Sridevi dan putri bungsunya Khushi terbang ke Al Jazirah Al Hamra di Ras Al Khaimah, Uni Emirat Arab, untuk menghadiri pernikahan keponakannya Mohit Marwah. 

Dia memutuskan untuk menghabiskan beberapa hari di Dubai untuk berbelanja untuk ulang tahun putri sulungnya Janhvi yang ke-21. Dia menginap di Jumeirah Emirates Towers Hotel.

Pada 24 Februari 2018 sore, Sridevi dan suaminya, Boney Kapoor, memutuskan untuk makan malam bersama. Sridevi pergi mandi dan berpakaian, sementara Boney menunggu di ruang tamu. 

Setelah menunggu 15-20 menit, sekitar pukul 19:00, Boney memanggil Sridevi karena mereka sudah terlambat, tetapi panggilannya tidak mendapat jawaban.

Saat dihampiri, Boney melihat Sridevi sudah tidak bernyawa. Kepolisian Dubai, mengungkapkan bahwa penyebab kematiannya adalah "tenggelam secara tidak sengaja". Sridevi meninggal di usia 54 tahun.

Laporan toksikologi dari pihak kepolisian juga mengungkapkan, ditemukan ada jejak alkohol di tubuhnya, dan air ditemukan di paru-parunya.

Setelah beberapa hari penyelidikan polisi, pada 27 Februari 2018, jenazah Sridevi diterbangkan kembali ke Mumbai, India. Pemakamannya berlangsung pada 28 Februari 2018, di Krematorium Vile Parle Seva Samaj di Mumbai. 

Upacara terakhir dilakukan oleh suaminya Boney Kapoor. Sridevi dikremasi dengan penghormatan negara dan juga menerima penghormatan senjata pada pemakamannya.

Pada tanggal 3 Maret 2018, abu Sridevi diterbangkan ke Tamil Nadu melalui Chennai oleh suami dan kedua putrinya Janhvi Kapoor dan Khushi Kapoor dan kemudian dibawa dan dilarung di laut lepas pantai Rameswaram.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Aktris legendaris India, Sridevi.

Photo :
  • The Quint
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya