Dokter Temukan 300 Batu Ginjal Dalam Perut Seorang Wanita, Penyebabnya Sering Disepelekan

Batu ginjal
Sumber :
  • The Straits Time

VIVA Trending – Dokter di Taiwan mengeluarkan lebih dari 300 batu dari ginjal seorang wanita, yang mana adalah operasi pengangkatan batu ginjal yang pernah dilakukan.

Eko Patrio Ungkap Parto Sudah Lama Menahan Sakit hingga Akhirnya Dioperasi

Menurut dokter, wanita malang tersebut  biasanya menghidrasi dirinya atau minum hanya dengan minuman manis dan bukan air putih.

Wanita berusia 20 tahun yang diidentifikasi sebagai Xiao Yu dirawat di Rumah Sakit Chi Mei di kota Tainan minggu lalu, setelah dia mulai menderita demam dan nyeri serius di punggung bawahnya, melansir The Straits Time, Rabu, 20 Desember 2023. 

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Ilustrasi bubble drink/bubble tea/minuman manis

Photo :
  • Pixabay/sam651030

Hasil USG menunjukkan ginjal kanannya bengkak berisi cairan dan terdapat ratusan batu ginjal di dalamnya. Menurut CT scan, batu tersebut berukuran antara 5 mm dan 2 cm, yang terlihat mirip dengan ''roti kukus kecil''. Tes darah selanjutnya juga menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Ketika ditanya tentang kondisinya, dia mengatakan kepada dokter bahwa dia tidak suka minum air putih dan menghidrasi dirinya dengan minuman seperti bubble tea, jus buah, dan minuman beralkohol selama bertahun-tahun. Hal ini mengakibatkan dehidrasi kronis dan penumpukan mineral di ginjalnya. 

Dokter kemudian melakukan operasi selama 2 jam yang disebut nefrolitotomi perkutan dan mengeluarkan sekitar 300 batu dari ginjalnya. Setelah prosedur, kondisi wanita tersebut stabil dan dia dipulangkan beberapa hari kemudian.

Ahli bedah Dr Lim Chye-yang, yang melakukan prosedur tersebut, mengatakan batu ginjal dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk asupan air yang tidak mencukupi atau pola makan yang tinggi kalsium dan protein. 

"Asupan air yang tepat sangat penting untuk mengencerkan mineral dalam urin. Jika tubuh kekurangan air, mineral dalam urin mudah terkonsentrasi sehingga meningkatkan risiko pembentukan batu," ujarnya.

Rata-rata, pria tiga kali lebih mungkin terkena batu ginjal. Dokter menambahkan bahwa di Taiwan, pria tiga kali lebih mungkin terkena batu ginjal dibandingkan wanita, dengan 9,6% orang Taiwan terkena batu ginjal seumur hidup mereka.

Batu ginjal

Photo :
  • The Straits Time

Dr Lim mengatakan kasus batu ginjal lebih sering terjadi pada musim semi dan musim panas karena cuaca panas, yang berarti orang mungkin lebih mengalami dehidrasi. Ketika urin menjadi lebih pekat, mineral bergabung dan mengkristal membentuk batu. 

Penyebab batu ginjal lainnya antara lain faktor genetik, penyakit kronis, serta pola makan tinggi kalsium dan protein.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya