Ucap Selamat Natal ke Onad, Habib Jafar: Yang Penting Jangan Sampai…

Onadio Leonardo dan Habib Jafar
Sumber :
  • Instagram: husein_hadar

Jakarta – Husein Jafar Al Hadar atau akrab disapa Habib Jafar menuai kritik dari sejumlah orang lantaran mengucapkan selamat natal kepada Onadio Leonardo alias Onad.

Di Luar Singa di Rumah Kayak Kucing, Begini Momen Onadio Leonardo Manja-manja ke Istri

Adapun, ucapan yang disampaikan Habib Jafar ini viral di media sosial usai diunggah Onald di Instagram @onadioleonardo_official pada Senin, 25 Desember 2023 lalu.

“Selamat Natal, Onad. Semoga bahagia dan damai senantiasa bersama kita. Saudaramu, Husein Ja’far Al Hadar,” tulis Habib Jafar melalui WhatsApp yang dibalas Onad dengan emoji hati.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Unggahan Onad itu pun sontak mendapat berbagai reaksi dari warganet. Khususnya terkait ucapan selamat natal yang disampaikan Habib Jafar.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

“Toleransi kebablasan, ja'far husen bukan wajah muslim yg perlu di ikuti,” komentar salah seorang warganet.

“Bib,bentar bib, “lakum dinukum waliyadin” :(untukmu agamamu dan untukku agamaku),” balas warganet.

Respons Habib Jafar

Merespons berbagai kritik tersebut, Habib Jafar mengatakan bahwa ucapan selamat natal kembali pada keyakinan masing-masing.


Source : YouTube

"Menurut gua kalau mengucapkan selamat natal tuh kembali ke orangnya, dia meyakini boleh atau enggak," ucap Habib Jafar di YouTube KlipSmile Kamis, 28 Desember 2023.

“Kalau dia meyakini itu boleh, berarti dia berpegangan ke ulama-ulama yang memperbolehkannya yang menganggap itu urusan hubungan sopan santun sesama manusia, disebutnya Muamalah kalau di Islam," sambungnya.

Sementara bagi orang-orang yang melarangnya, maka menurut Habib Jafar ini dikarenakan ucapan selamat natal itu bisa berdampak pada urusan aqidah.

"Nah kalau yang nggak ngebolehin, berarti dia ngikutin ulama-ulama yang menganggap itu urusan aqidah yang bisa mengganggu iman dia," jelasnya.

Terlepas dari boleh atau tidaknya mengucap selamat natal, Habib Jafar menekankan supaya jangan sampai karena perdebatan ini lantas menimbulkan kebencian antar umat beragama.

"Yang penting menurut gua, lu mau ngucapin selamat atau enggak, pertama, jangan hilang cinta lu kepada mereka yang berbeda agama, dan yang kedua, jangan sampai urusan natal, lu bertengkar sesama muslim,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya