Kisah Tragis Istri Soekarno Asal Jepang, Sakiko Kanase yang Bunuh Diri Karena Cemburu

Sakiko Kanase dan Soekarno
Sumber :

VIVA Trending – Soekarno, sebagai Proklamator Kemerdekaan Indonesia, dikenal sebagai sosok yang karismatik dan penuh semangat dalam perjuangan melawan penjajahan. Namun, di balik kepemimpinannya yang gemilang, terdapat aspek kehidupan pribadi yang menarik perhatian banyak orang. Salah satu aspek yang mencolok adalah kehidupan rumah tangganya yang penuh warna dengan memiliki banyak istri.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Istri-istri terkenal Soekarno seperti Oetari, Fatmawati hingga seorang wanita Jepang bernama Ratna Sari Dewi. Namun, tampaknya tak banyak yang tahu bahwa sebelum Ratna Sari Dewi, Soekarno pernah memiliki seorang istri dari Jepang bernama Sakiko Kanase.

Tak seperti kehidupan istri-istri Soekarno lain, kehidupan Sakiko Kanase jauh dari sorotan publik bahkan meninggal dengan tragis.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Sakiko Kanase dan Soekarno

Photo :

Sakiko terlebih dahulu dinikahi oleh Soekarno, sebelum Soekarno menikah dengan Naoko Nemoto atau yang lebih dikenal sebagai Ratna Sari Dewi.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Soekarno pertama kali bertemu dan jatuh hati pada pandangan pertama dengan Sakiko Kanase saat berkunjung ke Jepang tepatnya di Kyoto. Pernikahan Soekarno dengan Sakiko Kanase berlangsung di Hotel Daiichi, Kota Ginza, Jepang pada tahun 1958.

Akun Twitter Sejarah Nusantara @indo_history101 menulis “Ia (Sakiko Kanase) adalah seorang wanita Jepang yang berhasil meluluhkan hati Soekarno. Pada awal pertemuannya dengan Soekarno, Sakiko Kanase adalah seorang model kala itu,” tulis akun tersebut.

Setelah pernikahan itu, Soekarno memboyong istri barunya itu ke Jakarta pada tahun 1958 dan ditempatkan di rumah mewah di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Saat di Jakarta itulah Sakiko berpindah agama Islam dan diberi nama Indonesia oleh Soekarno menjadi Saliku Maesaroh. Selama di Jakarta ia terdaftar sebagai guru privat salah satu anak karyawan perusahaan Jepang Kinoshita Trading Company dan ia juga dipanggil sebagai Bu Guru Basuki.

Namun malang, dasar sang suami memang ‘pecinta wanita’ Sakiko Kanase harus menelan pil pahit saat Soekarno jatuh hati ke wanita Jepang lain. Saat itu, Soekarno diam-diam telah menjalin kasih dengan seorang wanita Jepang lain bernama Naoko Nemoto yang nantinya diberi nama oleh Ratna Sari Dewi oleh Soekarno.

Ratna Sari Dewi Istri Soekarno

Photo :
  • YouTube Story of Historical Figures

Dalam kesedihan yang mendalam, pada 30 September 1959, Sakiko Kanase akhirnya bunuh diri dengan cara memotong nadinya sendiri di dalam kamar mandi.

Melansir buku Soekarno: Biografi 1901 - 1950 yang ditulis oleh Lambert Giebels, Sakiko malu lantaran hostesu kedua, Ratna Sari Dewi, menjadi istri baru favorit Soekarno.

Diketahui, Sakiko Kanase mengakhiri hidupnya saat Soekarno dan Ratna Sari Dewi tengah berada di Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya