Viral Video Ular Menelan Ekornya Sendiri, Ini Kata Sioux Ular Indonesia

Viral Video Ular Menelan Ekornya Sendiri
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Beredar di media sosial video menampilkan seekor ular diduga jenis keelback (Xenochrophis) sedang menelan bagian tubuhnya sendiri.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Hal tersebut ramai mendapat sorotan setelah videonya diunggah beberapa akun di Instagram, salah satunya @bukittinggi.info pada Selasa, 6 Februari 2024 lalu.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Dalam video itu terlihat seekor ular berwarna abu-abu dengan corak hitam sedang menelan bagian ekornya hingga membentuk lingkaran.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Layaknya menelan mangsa, ular berukuran sedang itu terus berupaya melahap ekornya meski sedikit kesulitan. Sejak artikel ini kami buat, belum diketahui di mana dan kapan video mengerikan itu direkam.

Saat dikonfirmasi, Trainer Yayasan Sioux Ular Indonesia, Maula Haqul Dafa mengatakan, fenomena ular menelan ekornya sendiri merupakan kejadian langka. Menurutnya, perilaku ini dapat terjadi akibat 2 kemungkinan.

Pertama, bisa diakibatkan hewan melata tersebut mengalami stres berkepanjangan. Hal ini sering dialami ualar peliharaan yang jarang diberi makan atau minum oleh pemiliknya.

“Kadang terjadi pada ular peliharaan yang tidak dipelihara dengan benar, misalnya settingan kandangnya tidak sesuai dengan perilaku alaminya atau jarang diberi makan dan minum,” ujar Dafa kepada VIVA Minggu, 11 Februari 2024 malam.

Kedua, kata dia, ada kasus di mana ular menelan tubuh sendiri akibat masih terdapat bau mangsa yang menempel atau tertinggal di tubuhnya.

“Karena masih sangat lapar atau feeding response-nya kuat, maka ia salah mengira itu sebagai mangsa.” kata Dafa.

“Tapi, kalau untuk kasus ini, biasanya ular akan sadar kalau yang digigit itu ternyata dirinya sendiri dan kemudian melepaskan lagi,” sambungnya.

Terkait ular dalam video, Dafa tidak dapat memastikan kondisi apa yang sedang dialami ular tersebut. Sebab, belum diketahui apakah ular itu hewan peliharaan atau hewan liar.

Adapun, menurut informasi yang beredar, peristiwa ular memakan tubuhnya sendiri dikenal dengan nama ouroboros, berasal dari bahasa Yunani yang berarti ekor dan makan.

Sebagai simbol yang digambarkan ular menelan ekornya, ouroboros mewakili konsep kontinuitas, keabadian, kelahiran kembali, dan siklus kehidupan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya