Ekonomi Sulit, Para Pengangguran di Tiongkok Terpaksa Tidur di Pipa Saluran Pembuangan

Ekonomi Sulit, Pengangguran di Tiongkok Tidur di Pipa Saluran Pembuangan.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Biro Statistik Nasional Partai Komunis Tiongkok baru-baru ini merilis serangkaian data ekonomi namun masih belum ada data mengenai tingkat pengangguran kaum muda yang dikatakan disengaja karena situasi saat ini. Saat ini pengangguran di kalangan pemuda Tiongkok tersebar luas, sehingga perlu untuk menjaga stabilitas dan menghindari risiko dari opini publik dalam negeri.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

PKT tidak mempublikasikan data ini, sebuah video online baru-baru ini tersebar di media sosial menyoroti situasi yang mengenaskan di tempat-tempat seperti Shenzhen Guangdong dan KunshanJiangsu di mana sejumlah besar pekerja muda berjuang untuk mendapatkan pekerjaan dan terpaksa tidur di jalanan dan menghadapi penggusuran oleh tuan tanah karena alasan ini: ketidakmampuan membayar sewa tepat waktu.

Sayangnya situasi ini menjadi semakin umum terjadi di kota-kota besar di Tiongkok/China. Tantangan ini tidak hanya berdampak pada individu muda, tetapi juga para pencari nafkah dalam keluarga dengan banyak anak yang harus berjuang untuk mendapatkan pekerjaan dan mempertahankan penghidupan di tengah kemerosotan ekonomi ini.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Dilansir The Singapore Post, Kamis 7 Maret 2024, penggambaran bursa tenaga kerja Le yuan pada pukul 04.30 memberikan gambaran situasi pengangguran di Tiongkok saat ini. Sejak pagi hari, tempat ini dipenuhi oleh para pekerja dan buruh yang mencari pekerjaan, bersaing dengan ribuan orang lainnya setiap hari untuk bertahan hidup.

Hal ini bukan hanya tentang mencari pekerjaan, namun juga tentang mendapatkan penghasilan untuk membayar makanan dan tempat tinggal sehari-hari, di banyak kota besar yang dulunya ramai dan mewah seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Shenzhen.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Situasi saat ini terlihat suram bagi kaum muda dan para pengangguran yang kekurangan pekerjaan dan pendapatan yang memaksa mereka untuk tidur di luar rumah dalam antrean panjang di jalanan. Banyak keluarga mendapati diri mereka berada dalam situasi kebuntuan yang sulit tanpa jalan keluar yang jelas.

Ekonomi Sulit, Pengangguran di Tiongkok Tidur di Pipa Saluran Pembuangan.

Photo :
  • Youtube

Ketika ribuan orang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan dalam jumlah terbatas yang mendorong upah semakin rendah, tingkat pengangguran kaum muda yang diumumkan oleh Biro Statistik Partai Komunis Tiongkok pada bulan Juli tahun ini adalah 21,3%.

Sebuah penelitian yang mencapai rekor tertinggi yang dilakukan oleh Jiang Dangdan, profesor di Universitas Peeking, menunjukkan bahwa pada bulan Maret tahun ini tingkat pengangguran kaum muda mencapai 46,5%, angka yang sangat mengkhawatirkan dan mencerminkan situasi saat ini di Tiongkok.

Bapak Jang, seorang penduduk Kunshan, Provinsi Jiangsu mengungkapkan keprihatinannya dengan menyatakan, “yang sering saya saksikan adalah banyak orang tidak dapat mendapatkan pekerjaan di dekat lingkungan kami, terdapat lubang jembatan di mana beberapa pekerja migran biasa tidur, namun mereka telah diusir secara paksa. Dan sekarang mereka dilarang tidur di sana.”

Pemerintah harus membantu mereka yang hidup di jalanan atau di alam liar. Bagaimana negara kita bisa membiarkan situasi seperti ini terjadi? Saat ini pemerintah daerah sangat memperhatikan penampilan dan cenderung mengusir mereka yang menjadi tunawisma karena dianggap cukup memalukan”.

Mulai bulan Agustus, para pejabat Partai Komunis Tiongkok tidak lagi mempublikasikan data pengangguran kaum muda untuk menjaga citra positif bagi opini publik domestik dan internasional. Pihak berwenang baru-baru ini memulai penggusuran orang-orang yang tidur di dekat terminal bus Long Hua di Shenzhen dan daerah lainnya.

Video online menggambarkan polisi menggunakan garpu baja untuk menempatkan para tunawisma di depan penonton terlepas dari keadaan mengerikan yang dihadapi para tunawisma. Pemerintah kota tidak memberikan dukungan dalam hal makanan atau tempat tinggal dan memilih melakukan pembersihan dan penggusuran.

Banyak orang tidak punya pilihan selain mencari tempat tinggal di selokan atau bangunan terbengkalai di pinggiran kota. Dalam kasus lain yang disaksikan orang-orang, anak-anak muda yang memindahkan barang-barang mereka dari bawah jembatan yang dipaksa pergi oleh polisi.

Mr. Woo, seorang warga Guangzhou mengamati tidak hanya peningkatan jumlah orang yang tidur di jalanan tetapi juga peningkatan pengangguran dan kelaparan. Woo, seorang penduduk Guangzhou, mengungkapkan “perekonomian sangat buruk sekarang, ada yang tidur di jalanan dan ada yang tidak punya makanan.”

“Saya pergi ke restoran dan bertanya kepada pemiliknya berapa banyak pengunjung yang dia temui dalam sebulan, dia bilang sekitar selusin karena banyak orang tidak bisa kembali ke rumah, mereka tidak melakukan apa-apa ketika sampai di sana sehingga mereka menanggung situasi tersebut untuk sementara waktu”.

Banyak juga orang yang memilih tinggal di bawah jembatan di Sungai Mutiara, namunpemerintah akan mengusir mereka karena dianggap merusak citra kota yang seharusnya megah. PKT saat ini terutama berfokus pada mempertahankan diri dengan memproyeksikan citra Tiongkok yang kuat, sementara secara internal bergulat dengan banyak pejabat korup yang berusaha mengumpulkan kekayaan dan berpotensi melarikan diri sebelum jatuhnya kediktatoran PKT.

Warga Tiongkok mendapati diri mereka berjuang dan tidak berdaya menghadapi kehidupan di tengah badai resesi ekonomi saat ini. Ben style, Direktur Ekonomi Internasional di Council on Foreign Relations, sebuah lembaga pemikir AS baru-baru ini mengatakan kepada Voice of America bahwa peluang pembangunan bagi generasi muda di Tiongkok daratan telah berkurang dan standar hidup mereka diperkirakan lebih rendah daripada generasi orang tua mereka. Ini berpotensi memicu keresahan sosial di Tiongkok.

Pemerintah daerah juga terbebani oleh utang yang besar dan PKC telah melarang penerbitan 364 obligasi luar negeri, menurut laporan media Partai Komunis Tiongkok, utang daerah Tiongkok telah membengkak, semua provinsi terlilit utang, pendapatan fiskal berada dalam kondisi pertumbuhan negatif dan beberapa pemerintah daerah telah bangkrut.

Selama bertahun-tahun, utang lokal Tiongkok terutama didanai melalui pinjaman dari Bank dan lembaga keuangan lainnya. Dalam 2 tahun terakhir, bank telah membatasi akses kredit sehingga menyebabkan pemerintah daerah mencari pembiayaan melalui berbagai saluran, seperti pembiayaan Bank, produk perwalian, investasi sekuritas, dan investasi asuransi.

Baru-baru ini otoritas regulasi keuangan Tiongkok di bawah Partai Komunis Tiongkok menginstruksikan platform pembiayaan pemerintah daerah untuk menghentikan penerbitan obligasi luar negeri berdurasi 364 hari untuk mengatasi celah dalam peminjaman yang tidak terkendali oleh pemerintah daerah.

Para ahli menekankan bahwa menerbitkan obligasi luar negeri jangka pendek sama dengan mengkonsumsi racun untuk memuaskan dahaga. Mengingat kondisi utang pemerintah daerah yang sangat buruk, menemukan solusi jangka panjang terhadap masalah ini mungkin merupakan tantangan yang signifikan.

Reuters melaporkan pada tanggal 8 Januari bahwa Regulator Tiongkok baru-baru ini mengarahkan pemerintah daerah untuk Menghentikan penerbitan obligasi luar negeri jangka pendek dengan jangka waktu kurang dari satu tahun karena kesenjangan peraturan. Utang luar negeri 364 hari adalah jenis utang luar negeri dengan jatuh tempo sebesar kurang dari satu tahun.

Mengingat kurangnya pengawasan oleh Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional serta prosedur penerbitan yang disederhanakan, banyak perusahaan investasi perkotaan memandangnya sebagai penyelamat bagi likuiditas jangka pendek yang menggunakannya untuk mengumpulkan dana di luar negeri dan mengurangi tekanan keuangan.

Perusahaan investasi perkotaan yang bertindak sebagai platform investasi dan pembiayaan bagi pemerintah daerah dilaporkan telah mengumpulkan total 9 triliun dolar AS, yang menimbulkan risiko besar bagi perekonomian Tiongkok dalam upaya untuk mengatasi risiko utang daerah. Serangkaian tindakan yang diperkenalkan oleh Partai Komunis Tiongkok pada tahun lalu telah dilakukan.

Pada saat yang sama, penerbitan Obligasi melalui platform pembiayaan kini diatur secara ketat sehingga menutup jalur pendanaan jangka pendek. Selama 3 tahun terakhir, perekonomian Tiongkok telah menghadapi tantangan besar yang diperburuk oleh dampak Epidemi baru-baru ini.

Sejak tahun 2023, perusahaan real estat Tiongkok yang mempercayai lembaga Manajemen Aset dan sektor lainnya telah mengalami guncangan hebat sehingga pasar properti dan pasar saham kesulitan untuk pulih sehingga menyebabkan peningkatan utang pemerintah daerah.

Pakar keuangan Taiwan, Huang Shikang berkomentar, “ banyak pemerintah daerah yang jelas-jelas berada di ambang kehancuran tanpa platform pembiayaan ini. Kita mungkin menyaksikan banyak pemerintah daerah menghadapi tekanan keuangan yang kesulitan membayar gaji dan lebih sering menghadapi kesulitan serupa.”

“Sejak tahun lalu berbagai industri di Tiongkok menyaksikan lonjakan angka kebangkrutan, PHK dan pengangguran, isu gaji pegawai negeri sipil yang tidak dibayar telah tersebar luas di seluruh negeri. Saat ini provinsi-provinsi sedang mengambil langkah-langkah untuk merampingkan lembaga-lembaga dan mengurangi jumlah pemimpin sebagai respons terhadap tantangan ekonomi.”

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya