Raja Charles III Diberitakan Meninggal oleh Media Rusia, Istana Buckingham Buka Suara

Raja Charles (Doc: Channel News Asia)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Inggris – Belum lama ini muncul laporan di media Rusia bahwa Raja Charles III yang baru-baru ini didiagnosis menderita kanker meninggal dunia.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Kemudian, Istana Buckingham membantah spekulasi tersebut, dengan mengatakan kepada Kantor Berita TASS, "Kami dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Sang Raja terus melanjutkan tugas-tugas resmi dan pribadi."

Dilansir dari ENews, Rabu, 20 Maret 2024, Faktanya, belum lama ini sebuah foto yang dibagikan ke halaman media sosial keluarga kerajaan menunjukkan pertemuan pria berusia 75 tahun ini dengan para veteran Perang Korea pada 19 Maret 2024 kemarin, yang semakin membuktikan bahwa ia masih hidup dan tetap menjalankan tugasnya.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Penampilan Raja Charles pertama kali sejak didiagnosis kanker

Photo :
  • CNN International

Spekulasi tentang kesehatan Charles muncul hanya sebulan setelah di diagnosis kanker.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Yang Mulia hari ini telah memulai jadwal perawatan rutin," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan pada 5 Februari 2024 lalu.

"selama itu beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhubungan dengan publik." Sambung penjelasan.

"Selama periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan kenegaraan dan dokumen resmi seperti biasa," lanjut pesan tersebut, yang tidak menyebutkan jenis kanker apa yang didiagnosa pada Charles.

"Raja berterima kasih kepada tim medisnya atas intervensi cepat mereka, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini. Beliau tetap bersikap positif terhadap perawatannya dan berharap dapat kembali ke tugas publik sesegera mungkin." Sambungnya.

Karena Charles-yang menjadi raja setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada September 2022, kini sedang berfokus pada kesehatannya, istrinya, Ratu Camilla, dan putranya, Pangeran William, telah membantu mewakilinya di berbagai acara publik, yang terbaru adalah pada perayaan Hari Persemakmuran pada 11 Maret.

Raja Charles saat menyampaikan pidato Parlemen Raja pertamanya

Photo :
  • Al Jazeera

"Baru-baru ini merayakan ulang tahun ke-75 saya sendiri, saya merasa terharu ketika merenungkan bagaimana Persemakmuran telah menjadi hal yang konstan di sepanjang hidup saya - sumber kekuatan, inspirasi, dan kebanggaan yang sangat berharga," ujar Charles dalam sebuah pesan yang dibacakan dalam upacara yang diadakan di Westminster Abbey, London.

"Dalam beberapa minggu terakhir, saya sangat tersentuh oleh harapan baik Anda yang sangat baik dan penuh perhatian untuk kesehatan saya dan, sebagai imbalannya, saya hanya dapat terus melayani Anda, dengan kemampuan terbaik saya, di seluruh Persemakmuran." Pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya