Kisah Mualaf Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, Umumkan Masuk Islam Usai Syahadat

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri
Sumber :
  • TVOneNews.com

Jakarta – Irjen Mathius D Fakhiri, Kapolda Papua, telah memeluk agama Islam setelah mengucapkan syahadat. Proses keislamannya tidak bersifat spontan, melainkan melalui upaya pembelajaran dan pemahaman yang mendalam tentang ajaran agama Islam yang damai.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Baru-baru ini, Irjen Mathius mengumumkan bahwa dia telah memeluk agama Islam setelah mengucapkan syahadat. Sebelumnya, pemilik nama Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H. itu telah menjabat sebagai Kapolda Papua sejak bulan Februari tahun 2021.

Selama masa berkarirnya, Mathius telah mengisi berbagai jabatan, termasuk sebagai Kapolres Jayapura. Lahir di Ransiki, Manokwari Selatan, Irian Barat pada tanggal 6 Januari 1968, Mathius D. Fakhiri memiliki Rafatul (Eva) Mulkiyah sebagai pasangannya dalam hidup. Pasangan ini diberkati dengan kehadiran empat orang anak.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri

Photo :
  • TVOneNews.com

Irjen Mathius telah menyelesaikan studi di Akademi Kepolisian pada tahun 1990 setelah menempuh berbagai jenjang pendidikan sebelumnya, antara lain adalah SD YPK Merauke (1981), SMP YPPK St. Thomas Wamena (1984), SMAN 2 Jayapura (1987), Akademi Kepolisian (1990), STIK/PTIK (2001), Sespim Polri (2005), dan Sesko TNI (2018). 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara sudah pernah diembannya. Ia mengawali kariernya sebagai Pamapta Polresta Banjarmasin Polda Kalsel (1990), Wakapolsek Banjarmasin Timur Polresta Banjarmasin (1992), Danton 3/2/B Sat Brimob Polda Kalsel (1994), Wadanki 1/B Sat Brimob Polda Kalsel (1995), dan Danki 1/A Sat Brimob Polda Kalsel (1995). 

Selain itu, Mathius juga sempat menduduki jabatan sebagai sebagai Pasiops Detasemen A Pelopor Sat Brimobda Kalsel (1996), Pama Korbrimob Polri (1998), Danki Resimen I Pelopor Korbrimob Polri (1999), Kasi Ops Sat Brimob Polda Papua (2002), Wakapolres Jayapura (2003). 

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakiri

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Seorang jenderal yang berasal dari Papua telah menempati berbagai posisi penting dalam karirnya di kepolisian, termasuk sebagai Kapolres Kaimana di Polda Papua Barat pada tahun 2005, Wakasat Brimob di Polda Papua pada tahun 2007, Kapolres Jayapura pada tahun 2009, dan Wadirpamobvit di Polda Kalsel pada tahun 2011. Karirnya semakin bersinar ketika ia dipromosikan menjadi Kasat Brimob di Polda Papua pada tahun 2014.

Pada tahun 2018, ia dipindahkan ke posisi Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri. Dua tahun kemudian, Irjen Mathius ditunjuk untuk mengisi jabatan sebagai Wakapolda Papua Barat. Pada tahun yang sama, ia dipindahkan kembali menjadi Wakapolda Papua. Baru pada tahun 2021, Mathius Fakhiri diangkat sebagai Kapolda Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya