Buya Yahya Bongkar Hukum Memakai Baju Baru Ketika Lebaran, Ternyata Begini

Prof. KH.Yahya Zainul Maarif atau Buya Yahya
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Membeli baju baru telah menjadi tradisi yang cukup umum di Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Ini adalah bagian dari persiapan untuk merayakan Idul Fitri, yang merupakan hari besar dalam agama Islam di Indonesia. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Baju baru sering kali dipilih untuk dipakai pada hari tersebut sebagai simbol kesegaran dan kebahagiaan dalam menyambut momen yang spesial ini. Tradisi ini juga sering diikuti dengan membersihkan rumah, mempersiapkan hidangan khas lebaran, dan berkumpul bersama keluarga serta kerabat.

Melihat tradisi tersebut, publik pun penasaran dengan hukum menggunakan baju baru ketika lebaran atau Idul Fitri. Baru-baru ini, Buya Yahya dalam dakwahnya yang tayang di kanal YouTube Al-Bahjah TV menjelaskan mengenai hukum menggunakan baju baru saat lebaran. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Prof. KH.Yahya Zainul Maarif atau Buya Yahya

Photo :
  • Istimewa

Dalam kesempatan itu, Buya Yahya mengatakan bahwa tidak wajib memakai baju baru ketika lebaran seperti kisah Nabi Muhammad SAW. Buya Yahya juga mengisahkan Umar RA yang mendatangi Rasulullah SAW dan beliau menawarkan sebuah jubah baru. 

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Kain dari jubah baru tersebut terbuat dari sutera untuk dikenakan di hari raya. Namun, Nabi Muhammad SAW menolaknya karena kain tersebut terbuat dari sutera. Rasulullah kemudian mengatakan bahwa baju tersebut adalah baju orang yang tidak mendapatkan baju di akhirat. 

Sebab, beliau mengatakan bahwa haram hukumnya bagi laki-laki untuk mengenakan pakaian yang terbuat dari kain sutera. Meski Rasulullah tidak mengharamkannya laki-laki menggunakan baju sutera, Nabi Muhammad tidak melarang mengenakan pakaian baru di hari raya. 

Sholat Idul Fitri 2011

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Atas kisah tersebut, sebagian besar ulama di dunia mengatakan bahwa menggunakan baju di hari raya lebaran atau Idul Fitri adalah sunnah. Namun, jika tidak memiliki uang, maka sangat dilarang untuk berhutang demi membeli baju baru. 

"Sunnahnya kita dianjurkan memakai baju bagus dan baru kalau punya uang, jangan sampai berhutang, tidak wajib memilikinya saat hari raya," ungkap Buya Yahya seperti dilansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Jumat, 5 April 2024. 

Selain menggunakan baju baru saat lebaran, Buya Yahya juga mengharapkan supaya iman kita semakin  naik. Hal ini supaya ibadah kita selama bulan Ramadhan semakin naik dan tidak menurun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya