Kongres Uighur Dunia Bakal Mengorganisir Demonstrasi Besar-besaran di Seluruh Eropa

VIVA Militer: Tindakan represif militer China terhadap etnis Muslim Uighur
Sumber :
  • Amnesty International

VIVA – Peringatan 20 tahun Kongres Uighur Sedunia di Munich menjadi seruan kuat menentang meningkatnya kekejaman pemerintah Tiongkok yang menargetkan masyarakat Uighur dan etnis minoritas lainnya. Tokoh-tokoh terkemuka dalam perjuangan Tibet, termasuk Sikyong Penpa Tsering dari Pemerintahan Pusat Tibet, menggarisbawahi pentingnya tindakan internasional terpadu untuk melawan kebrutalan Beijing dan membawa perubahan positif.

Top Trending: Pegi yang Ditangkap Polisi Namanya Mamut, Suara Azan Menyayat Hati di Gaza

Dilansir The Hngkng Post, Kamis 16 Mei 2024, dalam pidato utamanya, Sikyong Tsering dengan tajam menguraikan kemitraan yang mengakar antara masyarakat Tibet dan Uighur dalam perjuangan bersama demi kebebasan dan keadilan. Ia menceritakan kolaborasi bersejarah antara Erkin Alptekin, presiden pendiri Kongres Uighur Dunia, dan mendiang Lodi Gyari, mantan utusan khusus Dalai Lama. Aliansi yang kuat ini meletakkan dasar bagi kerja sama yang berkelanjutan antara kedua kelompok yang teraniaya.

Seruan solidaritas Sikyong Tsering tidak hanya menjangkau komunitas Uighur dan Tibet, tetapi juga mencakup warga Mongolia, Manchu, Hong Kong, para pemimpin pro-demokrasi di Tiongkok, dan bahkan Taiwan. “Kita semua melakukan perjalanan dengan perahu yang sama melawan badai brutal Komunis Tiongkok,” katanya, menekankan sifat penderitaan mereka yang saling berhubungan.

Jabal Uhud dan Musim Haji

Permohonan pemimpin Tibet untuk membentuk front persatuan melawan penindasan Beijing sangat bergema. Dia mendesak Eropa dan negara-negara lain untuk memandang warga Tibet, Uighur, dan kelompok teraniaya lainnya tidak hanya sebagai objek simpati tetapi juga sebagai mitra penting dalam melawan agresi dan pelanggaran hak asasi manusia Partai Komunis Tiongkok (PKT).

“Tidak seorang pun menginginkan anarki di Tiongkok karena Tiongkok adalah negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, dan hal ini akan menimbulkan konsekuensi serius di seluruh dunia,” Sikyong Tsering mengakui. “Namun, jika kita ingin membawa perubahan positif ke Tiongkok, maka kita memerlukan kekuatan internal dan eksternal. Dan kami adalah kekuatan internal.”

Viral di Media Sosial Suara Azan Menyayat Hati di Gaza Palestina

Dalam sebuah proposal yang berani, ia mengajukan gagasan untuk mengorganisir demonstrasi besar-besaran di seluruh Eropa, menyatukan para pemimpin Uighur, Tibet, Hong Kong, Mongolia, Taiwan, dan Tiongkok yang pro-demokrasi. Demonstrasi solidaritas global ini akan mengirimkan pesan yang jelas kepada Beijing bahwa pelanggaran hak asasi manusia tidak dapat lagi ditoleransi.

Warga keturunan Uighur unjuk rasa di depan KBRI Washington DC

Photo :
  • VIVA/Yanri Subekti

Pernyataan Kongres Uighur Dunia (WUC) selama kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Eropa baru-baru ini menggarisbawahi pentingnya menghadapi penindasan yang semakin meningkat di Beijing. WUC mengecam sikap acuh tak acuh negara-negara Eropa terhadap semakin dalamnya hubungan Tiongkok dengan Rusia, meskipun Rusia terus melakukan invasi ke Ukraina dan kekejaman hak asasi manusia yang menimpa komunitas Uyghur.

Dolkun Isa, presiden WUC, memohon kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk secara terbuka mengangkat masalah genosida Uyghur selama kunjungan Xi.Isa menekankan perlunya Perancis untuk mengakui dan mengatasi “pelanggaran hak asasi manusia yang terus menerus dilakukan oleh rezim Tiongkok di Turkistan Timur, Tibet, dan Hong Kong, serta di seluruh Eropa, seiring dengan meningkatnya penindasan transnasional Tiongkok.”

Pernyataan WUC juga menyoroti berita mengkhawatirkan mengenai kereta China-Europe Railway Express yang mengangkut barang-barang pertanian yang diproduksi oleh pekerja paksa Uighur, yang berangkat dari Xinjiang menuju Salerno, Italia, pada tanggal 3 Mei. Perkembangan ini menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan penegakan hukum yang lebih kuat terhadap peraturan Eropa. Peraturan kerja paksa dan arahan uji tuntas dari Union (UE).

Selain itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyoroti penderitaan para tahanan Uighur di Thailand, di mana setidaknya 43 pria Uighur telah ditahan selama lebih dari satu dekade dalam kondisi yang tidak manusiawi dan penuh sesak di Pusat Penahanan Imigrasi Suan Phlu di Bangkok.

Para ahli PBB telah menyatakan keprihatinan besar bahwa kondisi penahanan mungkin merupakan perlakuan yang kejam, tidak manusiawi, atau merendahkan martabat, atau bahkan penyiksaan, yang berkontribusi terhadap kematian lima tahanan migran Uyghur, termasuk dua anak di bawah umur.

Surat PBB tersebut mendesak pihak berwenang Thailand untuk memberikan informasi mengenai penahanan sewenang-wenang terhadap para pria Uighur ini, akses mereka terhadap perawatan medis, dan kondisi pengurungan mereka. Pihaknya juga mencari jaminan bahwa langkah-langkah sedang diambil untuk memfasilitasi hak komunikasi dan kunjungan dengan keluarga dan perwakilan hukum.

Siswa sekolah asrama khusus asal Tibet menjalani pendidikan jasmani.

Photo :
  • AP Photo | Andy Wong

Penderitaan warga Uighur yang ditahan di Thailand menjadi pengingat akan dampak global dari kebijakan represif Beijing. Seperti yang dengan tepat dinyatakan oleh Dolkun Isa, “Uyghur semakin diakui sebagai kelompok yang teraniaya di Turkistan Timur, yang menghadapi penahanan sewenang-wenang, pengawasan massal, pemisahan keluarga, penyiksaan, kerja paksa, dan kekejaman hak asasi manusia lainnya.”

Kongres Uighur Dunia ke-20 telah memperkuat seruan bagi tindakan internasional bersama untuk menghentikan meningkatnya pelanggaran hak asasi manusia di Tiongkok dan membongkar jaringan penindasan yang luas. Dari panggung global di Munich hingga pusat penahanan di Thailand, suara masyarakat Uighur, Tibet, dan komunitas terkait menuntut tanggapan terpadu terhadap kebrutalan Beijing.

Pemerintah Tiongkok harus bertindak cepat untuk mengakhiri kampanye penindasan terhadap Uighur dan etnis minoritas lainnya sebelum terlambat. Gelombang kecaman global dan seruan untuk mengambil tindakan nyata dengan cepat mencapai titik kritis. Kekejaman hak asasi manusia yang dilakukan Tiongkok di Xinjiang, termasuk penahanan massal secara sewenang-wenang, kerja paksa, penyiksaan, dan bahkan tuduhan genosida, telah sangat mencoreng reputasi internasional Tiongkok.

Jika Beijing gagal untuk segera mengubah kebijakannya, hal ini berisiko menimbulkan konsekuensi jangka panjang yang menghancurkan, seperti sanksi ekonomi yang melumpuhkan, isolasi diplomatik, dan noda permanen pada warisannya. Peluang untuk deeskalasi dan negosiasi resolusi yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dan martabat semakin tertutup.

Tiongkok harus memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan reformasi yang berarti, mengizinkan penyelidikan independen, dan mengupayakan jalur rekonsiliasi sebelum situasi semakin tidak terkendali, sehingga membahayakan aspirasi mereka untuk menjadi pemimpin global dan perdamaian abadi di dalam negeri.

Seperti yang dikatakan Sikyong Tsering dengan fasih, “Jika kita ingin membawa perubahan positif ke Tiongkok, maka kita memerlukan kekuatan internal dan eksternal.” Waktunya telah tiba bagi komunitas internasional untuk mengindahkan seruan ini dan dengan tegas menentang pelanggaran berat hak asasi manusia, martabat, dan kebebasan yang dilakukan oleh PKT.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya