Menakar Kalori yang Tepat dari Telur Ayam Rebus Sehat

Telur ayam (ilustrasi)
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Telur ayam termasuk makanan favorit banyak orang, karena mudah dimasak dan bisa diolah ke berbagai macam hidangan. Varian yang paling mudah adalah telur rebus. Selain gampang dan cepat dimasak, sebutir telur ayam kaya akan nutrisi. 

Viral Pria Larang Jual Telur Ayam, Ini Alasannya 

Menurut Extra Crispy, sebutir telur ayam mengandung protein komplet dan dipenuhi dengan nutrisi. Namun jumlah kalori dalam telur rebus tergantung pada ukuran telur itu sendiri.

Seperti yang dijelaskan American Egg Board, sebutir telur ukuran besar mengandung 70 kalori. Semakin besar telur maka kandungan kalorinya pun makin tinggi. Beda lagi pernyataan United States Departement of Agriculture's Food Composition Databases (USDA) menurutnya sebutir telur mentah berukuran besar memiliki 72 kalori. 

Badan Riset Nuklir RI Buat Vaksin COVID-19 dari Kuning Telur Ayam

Jumlah kalori dalam telur sebenarnya tak cuma dihitung berdasarkan berat telur mentahnya saja, namun ada faktor lain yang bisa memengaruhi kandungan kalori dalam telur, yaitu cara memasak.

"Berbeda cara masak, maka berbeda juga kadar kalorinya. Misalnya di goreng atau direbus, keduanya memiliki kadar kalori yang berbeda pula," tulis penelitian tersebut.

Tak Semua Telur Berkualitas Bagus, Begini Cara Mengetahuinya

Sebutir telur rebus memiliki 78 kalori, sedangkan telur goreng memiliki kandungan 90 kalori. Lalu terlalu banyak konsumsi telur apakah berbahaya?

Penasaran sama jawabannya? Saksikan saja tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Rabu 14 Agustus 2019 jam 13.00-14.00 WIB, kali ini membahas soal telur ayam rebus. Acara tersebut juga bisa disaksikan di tautan ini. (ldp)

Ilustrasi telur mentah.

Lebih Sehat Mana Telur Ayam, Bebek atau Puyuh? Ini Kata Dokter

Di antara beberapa jenis telur, seperti telur ayam, telur bebek atau telur puyuh, manakah di antara ketiganya yang lebih sehat?

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2022