Video Robot Sampah Karya Siswi Madrasah Juara Kompetisi Internasional

Robot sampah rancangan siswi MAN 1 Solo, Jawa Tengah, menjuarai kompetisi robot tingkat internasional di Bangkok, Thailand.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Seorang siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solo, Jawa Tengah, menjuarai kompetisi robot tingkat internasional di Bangkok, Thailand. Dia dengan karyanya berupa robot sampah menjuarai kompetisi itu dan menyisihkan robot-robot lain dari mancanegara.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Siswi kelas 12 IPA 2 Boarding School MAN 1 Surakarta bernama Sonia Jneina Sagiri itu meraih medali emas gara-gara robot sampah karyanya. Robot sampah rancangannya sebenarnya sederhana dan sekilas seperti lazimnya kaleng atau bak sampah.

Namun, yang istimewa dari robot sampah itu ialah tutupnya dapat membuka secara otomatis. Robot itu bahkan dapat mendeteksi tempat sampah yang penuh sehingga tidak menumpuk.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Mesin atau komponen robot pun sederhana, yaitu dua alat sensor gerak ditempatkan di dasar dan tutup bak sampah. Sensor-sensor itulah yang akan memerintahkan tutup bak sampah untuk terbuka jika ada seseorang yang hendak membuang sampah.

Jika tempat sampah itu sudah penuh, robot akan otomatis mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi melalui aplikasi Telegram kepada petugas pemungut sampah.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa
MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasiona

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Prestasi 3 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) berangkat ke Thailand untuk mengikuti Babak Final International Mathematic Olympiad

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024