ILC Malam ini: Siapa yang Bermain Buzzer?

Indonesia Lawyers Club 8 Oktober 2019: Siapa yang Bermain Buzzer?
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Buzzer kini tengah mendapat sorotan masyarakat di saat semakin populernya interaksi, berkirim pesan, maupun mencari informasi di media sosial. Belum ada kajian ilmiah mengenai buzzer ini, namun pandangan populer menyatakan itu adalah sebutan bagi mereka yang hobi berkicau medsos, seperti Twitter, Facebook, WhatsApp maupun Instagram, namun memiliki kepentingan tertentu. 

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Bahkan ada yang menganggap buzzer sudah menjadi profesi baru, yaitu mereka yang sengaja aktif berkicau sesering mungkin di medsos demi mendapatkan sesuatu - entah itu sekadar mengundang lebih banyak pengikut (follower), insentif, hadiah, atau bayaran. Kicauan mereka tentunya tidak sembarangan, namun berdasarkan tema tertentu, bisa saja demi mempromosikan atau bahkan menyerang sesuatu atau seseorang di jagat maya. 

Itu lah sebabnya buzzer juga mengundang konotasi yang negatif di tengah masyarakat. Terutama buzzer politik, karena cenderung membela maupun menyerang habis-habisan  seseorang atau sesuatu secara terpola. 

Bentuk Kepedulian Muhammadiyah Buat Penyandang Difabel

Ini terlihat sejak dan selama Pemilu 2019 yang lalu, tampak terjadi perang buzzer dari kedua kubu calon presiden di medsos. Bahkan, hingga kini, masih banyak buzzer yang dianggap membuat situasi semakin panas, padahal pemilu telah usai.   

Buzzer-buzzer ini diyakini bekerja kompak dan serempak. Dari menggiring opini hingga dituding menyebar hoax. Siapa mereka? Apakah bergerak sukarela atau sesuai arahan "Kakak Pembina" - istilah yang tengah ramai muncul? Siapa sesungguhnya bermain buzzer?  

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Topik ini yang dipilih untuk dibahas dalam program Indonesia Lawyers Club di tvOne. Dipandu oleh Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas, sepak terjang buzzer ini akan mengundang beragam opini maupun silang pendapat di kalangan tokoh masyarakat, pakar, politisi hingga pejabat. Saksikan ILC bertema "Siapa yang Bermain Buzzer" pada Selasa Malam 8 Oktober 2019 pukul 20.00 WIB di tvOne.

FPMM Deklarasi dukungan untuk Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

Dipimpin Umar Kei, FPMM Deklarasi Dukung Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) menggelar acara Halal Bihalal sekaligus deklarasi dukungan untuk Murad Ismail di Pilkada Provinsi Maluku 2024

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024