Video Canggihnya Kereta LRT Cibubur-Cawang, Mulai Dites 18 Oktober

Kereta LRT Jabodebek mulai diangkat ke jalurnya di Lintasan Cawang-Cibubur.
Sumber :
  • VIVAnews/Rifki Arsilan

VIVA – Kereta LRT Jabodebek mulai disiapkan di rel. Bila tak ada halangan, moda baru transportasi untuk warga Jakarta dan sekitarnya ini mulai akan diujicoba pekan ketiga Oktober 2019 dan ditargetkan beroperasi secara penuh mulai November 2021. 

Operasional MRT dan LRT Jakarta Diperpanjang Saat Malam Tahun Baru 2024, Ini Jadwalnya

Namun, pada Minggu kemarin, kereta LRT ini sudah mulai dinaikkan ke rel rute Cibubur-Cawang. Pengangkatan perdana kereta itu disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  

Luhut pun terpukau akan kemajuan proyek LRT Jabodebek ini. Apalagi kereta itu buatan perusahaan nasional, PT INKA. Menurut dia, kereta buatan Indonesia ini sudah menggunakan teknologi generasi ketiga. 

Menhub Optimis LRT Jakarta Velodrome Rawamangun-Manggarai Beroperasi 2026

Artinya, kereta LRT ini diklaim lebih canggih dari kereta MRT yang saat ini sudah beroperasi dari Lebak Bulus ke Hotel Indonesia dan sebaliknya. Sedangkan Menhub Budi mengungkapkan kereta LRT Jabodebek ini diklaim lebih canggih dari LRT yang sudah beroperasi di Palembang sejak 2018 lalu.

Namun pengoperasian LRT Jabodebek masih butuh waktu. Itu karena pengetesan LRT rute perdana Cibubur-Cawang ini akan memakan waktu sekitar satu tahun. Pemerintah dan operator ini LRT itu harus benar-benar layak jalan, termasuk lolos tes sinyal, tes jalur, safety, dan serangkaian tes lainnya. 

LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai Digarap Pakai APBD DKI Rp 5,5 Triliun

Itu sebabnya pengoperasian LRT ditargetkan baru mulai November 2021. Sedangkan, setelah dipasang di jalurnya, LRT rute Cibubur-Cawang ini masih harus menjalani uji coba mulai 18 Oktober mendatang. Bagaimana kondisi LRT baru itu bisa disimak pada tayangan berikut ini:


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya