Video Temuan Spektakuler Situs Majapahit Berupa Struktur Batu Kuno

Petugas menyelidiki lahan situs Kerajaan Majapahit yang rusak akibat aktivitas galian di Desa Kumitir, Jaterejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
Sumber :
  • Polda Jatim

VIVA – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan sosialisasi kepada warga yang tinggal di sekitar situs bersejarah Majapahit agar warga ikut menjaga bangunan yang dibangun pada abad ketiga belas itu. Situs itu berupa dinding penahan tanah sisi timur kota kerajaan Majapahit.

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

BPCB akan melanjutkan ekskavasi dan pembebasan lahan seluas 16 hektare yang berisi struktur bata kuno yang kali pertama ditemukan oleh seorang perajin batu bata. Situs terkubur di atas lahan perajin batu bata di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Petugas baru menyingkap situs itu sepanjang 27 meter dari 200-an meter sebagaimana diperkirakan. Lapisan bata kuno mencapai empat belas lapis. Situs Kumitir, menurut kitab Kretagama dan Pararaton, merupakan tempat perdarmaan Mahesa Cempaka atau Narasingamurti, anak pasangan Ken Arok dan Ken Dedes.

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Menurut BPCB, bangunan seperti itu sebenarnya ditemukan juga di tempat lain seperti di Tulungagung dan Blitar. Tapi ukuran situs-situs itu kecil. Berbeda dengan temuan di Kumitir yang jauh lebih besar dibanding situs sejenis lainnya yang luas totalnya diperkirakan 400x400 meter.

Simak penjelasan lengkap ahli arkeologi tentang Situs Kumitir dalam video berikut ini:

Misteri Sumber Kekayaan Nabi Sulaiman yang Baru Saja Terkuak
>
Contoh Artefak yang Dicuri (Doc: Kejaksaan Manhattan)

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Tiga artefak langka dari zaman Majapahit dicuri orang dan dijual di New York, Amerika Serikat. Saat ini sudah dikembalikan ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024