VIDEO: Korban Banjir Jakarta Curhat Janji Relokasi Cuma saat Pemilu

Banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kelurahan Cipinang Melayu di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, menjadi salah satu wilayah terdampak parah bencana banjir di Ibu Kota pada Rabu, 1 Januari 2020. Ratusan rumah di sana terendam dan 2.400 warga harus mengungsi di dua lokasi pengungsian di Kelurahan Cipinang Melayu.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Di salah satu lokasi pengungsian, di Masjid Al Mukarrahim, ada 600 orang pengungsi dengan 262 balita dan 135 lansia. Anak-anak korban banjir itu mesti tak bersekolah karena kompleks sekolah mereka juga terdampak banjir. Ketika malam, mereka tidur di lantai masjid dengan beralaskan karpet.

Seorang ibu yang mengungsi di masjid itu bercerita, banjir yang melanda rumah dan kompleks permukimannya datang begitu cepat pada pukul 02.00 WIB, meski didahului hujan deras dan terus menerus sejak sore. Dia dan suaminya, juga para tetangga, tak punya waktu untuk menyelamatkan barang-barang berharga, karena air cepat meninggi hingga merendam rumah mereka setinggi atap.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Permukiman penduduk di Kelurahan Cipinang Melayu, katanya, memang kerap dilanda banjir hampir tiap tahun. Namun, baru di tahun inilah banjir terbesar. Biasanya, katanya, aparat pemerintah atau kalangan elite politik tiap menjelang momen politik seperti pilkada atau pemilu, selalu berjanji merelokasi penduduk di sana untuk menghindarkan masyarakat dari banjir. Tetapi janji tak pernah terwujud.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut
>
Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024