Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan ke lokasi masyarakat terdampak banjir di Demak, Jawa Tengah pada Jumat, 22 Maret 2024. Sebab, Jokowi ingin memastikan perbaikan tanggul yang jebol ditangani dengan baik.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Jumat, 22 Maret 2024, Bapak Presiden melakukan kunjungan kerja ke Demak, Jawa Tengah untuk meninjau lokasi terdampak banjir. Pada kunjungan kerja hari ini, Presiden ingin memastikan perbaikan tanggul yang jebol tertangani dengan baik,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Sebelumnya, kata Ari, Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala BNPB bergerak cepat dalam merespons situasi darurat banjir di Demak dan sekitarnya. 

“Terutama, dengan memprioritaskan perbaikan sejumlah tanggul yang jebol,” ujarnya.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Selain itu, lanjut dia, Presiden Jokowi juga ingin memastikan pemberian  bantuan kepada masyarakat terdampak banjir berjalan dengan lancar di lapangan.

“Mulai dari proses evakuasi, pendirian tenda darurat, distribusi logistik, dapur umum sampai dengan pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah sudah melakukan perbaikan dengan cepat terhadap tanggul jebol yang menjadi penyebab banjirnya di daerah Demak dan Kudus, Jawa Tengah. Maka, ia berharap perbaikan tanggul bisa segera rampung.

Sebab, Jokowi sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mengatasi persoalan tanggul jebol tersebut.

“Tadi saya tanya ke Pak Menteri PU, yang jebol sudah dikerjain. Kita harapkan malam ini atau besok sudah bisa nutup, memang airnya melimpah sangat besar sekali,” kata Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Kamis malam, 21 Maret 2024.

Disamping itu, Jokowi juga sudah memerintahkan BNPB untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang terdampak atau menjadi korban banjir di Demak dan Kudus. “Saya rasa BNPB sudah langsung kesana, sudah saya perintah,” ujarnya.

Kemudian, Jokowi hanya menganggukkan kepala ketika ditanya apakah akan melakukan kunjungan kerja atau meninjau langsung korban banjir di Demak dan Kudus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya