VIDEO: Kapal China Keluar dari Natuna setelah TNI Gencar Patroli Udara

Presiden Jokowi di Natuna
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI kembali berpatroli udara maritim di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di perairan Natuna, Kepulauan Riau. Dalam patroli itu, kapal-kapal China bergerak meninggalkan perairan ZEE Indonesia.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Untuk memastikan kapal-kapal China itu keluar dari wilayah Indonesia, TNI mengerahkan tiga kapal perang, yakni KRI John Lie, KRI Usman Harun, dan KRI KS Tubun. Patroli semacam itu akan rutin dilakukan setiap hari di Natuna.

Langkah tegas Indonesia yang melayangkan nota protes, disambut juru bicara Kementeria Luar Negeri China. China akan membuka jalur diplomasi dengan pemerintah Indonesia. China masih menganggap Indonesia sebagai teman strategis dan banyak menjalin kerja sama.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Masalah di Natuna, menurut China, dianggap sebagai sedikit perbedaan pendapat antara kedua negara. Kepala Staf Kepresiden lantas memastikan bahwa sekarang tidak ada lagi kapal asing di perairan Natuna. Pemerintah berencana mendatangkan nelayan-nelayan dari kawasan pantura Jawa untuk melaut di Natuna.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia
>
BYD Atto 3

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Mobil listrik BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal bisa dipesan konsumen sejak Februari 2024, tapi sampai saat ini belum ada yang menerima unitnya, ada keterlambatan pengiriman.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024