IPB Kembali Kobarkan Gerakan Salat Subuh Berjemaah

Masjid Al-Hurriyyah, Kampus IPB.
Masjid Al-Hurriyyah, Kampus IPB.
Sumber :

VIVA – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Hurriyyah Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar salat subuh berjemaah di Masjid Al-Hurriyyah Kampus IPB Dramaga, Bogor, Selasa, 6 Februari 2018. Gerakan subuh berjemaah ini memiliki tema, Spirit Awal Perkuliahan. Gerakan subuh berjemaah ini dihadiri oleh Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin, Dr. Ir. Drajat Martianto, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB dan ratusan mahasiswa IPB.
 
“Salat subuh berjemaah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Besarnya kekuatan umat muslim dapat dilihat dari pelaksanaan salat subuh berjemaah di masjid. Tanpa berjemaah, umat akan tercerai berai seperti buih dan terombang ambing serta tidak akan terbentuk suatu kekuatan,” ujar Dr. Drajat. “Betapa besarnya kekuatan umat Islam jika melaksanakan salat subuh berjemaah di masjid, banyak bukti kuat untuk semua itu,” tambahnya.
 
Pembina Sahabat Subuh, Prof. Didin Hafiduddin  juga menyampaikan pentingnya salat subuh berjemaah dalam tausiahnya. Ia menjelaskan tentang keutamaan bagi orang yang melaksanakan salat subuh berjemaah di masjid. Menurutnya, salat subuh merupakan salat yang mempunyai nilai tinggi dunia maupun akhirat.
 
“Orang yang melaksanakan salat subuh berjemaah adalah salah satu ciri dari orang yang produktif, orang yang mempunyai etos kerja tinggi dan bukan orang pemalas. Gerakan salat subuh berjemaah bukan semata-mata berjemaah saja, tapi gerakan yang akan mengangkat derajat kita,” ujarnya.
 
Prof. Didin juga menambahkan akhlak sebagai pembiasaan untuk membawa pada hal yang positif. Akhlak merupakan yang paling utama dalam pendidikan. Akhlak yang menjadi penentu bagi kehidupan setiap orang.  

“Tinggi rendahnya suatu derajat itu tergantung akhlak dan perbuatan kita. Sumber akhlak umat muslim adalah agama. Dalam hadits Rasulullah SAW berkata, barang siapa yang menghendaki Allah dengan baik dan memahami agama dengan baik adalah tanda orang yang bertakwa,” tutupnya. (Tulisan ini dikirim oleh Idim/Zul, Humas IPB)