Perdana, HMM ITB Gelar MFest 2011

MFest 2011
Sumber :
  • Public Relations M-Fest 2011

VIVAnews - Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Bandung (HMM ITB) untuk pertama kalinya mengadakan Mechanical Festival 2011 (M-Fest 2011), sebuah rangkaian acara bertemakan pengembangan teknologi ramah lingkungan (green technology development).

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Rangkaian acara ini telah sukses digelar pada tanggal 4, 5, dan 6 Februari 2011 yang lalu, bertempat di kampus ITB Jl. Ganeca No. 10, Bandung.

M-Fest 2011 dibuka secara resmi oleh Walikota Bandung Dada Rosada, dan Rektor ITB Prof. Akhmaloka. Walaupun sempat diguyur hujan deras, proses Opening Ceremony M-Fest 2011 tetap berlangsung meriah dengan menampilkan Tari Saman dari FKG Unpad, kolaborasi unik musik Jazz, tari tradisional Bali oleh Tesla dan MGG ITB, serta penampilan dari OSD Tambang ITB.

Mechanical Festival 2011 terdiri dari berbagai rangkaian acara, yaitu: Opening Ceremony, Phytagorean Device Performance (PDP), National Innovation Contest (NIC), Green Technology Expo (GTE), New Engine Tune Up (New ETU), Pulang Kampung Ikatan Alumni Mesin (Pulang Kampung IAM),  dan Closing Celebration.

National Innovation Contest (NIC) merupakan kontes inovasi antar universitas yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas antara lain ITB, UI, Unibraw, Itenas, UGM, Atma Jaya, dan ITS.

Para finalis memamerkan karya inovasi kreatif dan mock up dengan kategori Green, Industry, dan Energy. Dari proses penjurian yang sangat ketat, diperoleh 3 tim pemenang NIC. Juara pertama diraih tim ITB  dengan topik “Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang". 

Juara kedua dari ITS dengan topik “IES Lamp : Lampu Ramah Lingkungan Berbasis Fuzzy Logic Untuk Menghemat Energi Listrik", dan juara ketiga direbut oleh UGM dengan topik “Keran Wudhu dengan Sistem Katup Tekan Guna Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Air Bersih".

NIC sendiri memiliki beberapa sub acara lain seperti Lomba Pembuktian Hukum Fisika serta Lomba Cerdas Cermat yang diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Bandung dan Jakarta. Lomba Cermat Cerdas dan Pembuktian Hukum Fisika masing-masing dimenangkan oleh tim asal SMA Aloysius Bandung dan SMA Negeri 3 Bandung.

Masih pada rangkaian NIC, terdapat juga Lomba Menggambar dan Membuat Kerajinan Tangan yang diikuti 200 murid Sekolah Dasar dan panti asuhan di wilayah Bandung.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Sub acara terakhir dari NIC adalah Talkshow National Technopreneurship  dengan tema “Penanggulangan De-Industrialisasi Bangsa Melalui Technopreneurship" yang mengundang 200 peserta, dengan pembicara Yani Panigoro (Medco Group), Amir Sambodo (President Commisioner PT. Technopreneur Indonesia), Dasep Ahmadi (Pemenang B.J. Habibie Tech Award), dan Gesa Falugon (Pemenang Indonesia Entrepreuner Challenge ITB).

Rangkaian acara selanjutnya adalah New Engine Tune Up yang menyediakan layanan tune up gratis untuk motor dan mobil. Free Tune Up bekerja sama dengan Honda, Toyota, Daihatsu, Hyundai, Suzuki, dan Yamaha. Para tuner adalah mahasiwa Teknik Mesin ITB yang telah mendapatkan pelatihan dan uji kelayakan dari pihak Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) tersebut.

New Engine Tune Up memberikan oli gratis dari Pertamina yang disambut antusias oleh partisipan. Selanjutnya ada Uji Emisi Gratis serta Seminar Eco Driving mengenai “Cara Mengendarai Kendaraan yang Hemat BBM dan Ramah Lingkungan di Daerah Perkotaan".

Rangkaian selanjutnya adalah Green Technology Expo memamerkan produk atau konsep teknologi ramah lingkungan dari berbagai perusahaan yang mendukung “Green Technology Development", seperti SKF dengan produk bearing yang mampu mereduksi gesekan sehingga mengurangi rugi energy yang terbuang, Daya Adira Musika (Astra Honda Motor), TVS, Pertamina, Polygon, LIPI dengan memamerkan mobil konversi listrik, dan Transjakarta dengan bus rapid berbahan bakar gas.
Tak ketinggalan juga Pulang Kampung Ikatan Alumni Mesin (IAM) yang diselenggarakan sebagai wadah silaturahmi dan temu kangen para alumni mesin.

Selama M-Fest berlangsung, pengunjung juga menyaksikan run test kendaraan irit bahan bakar yang diikutkan pada perlombaan Shell Eco Marathon (SEM) 2010, bulan Juli lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Pengunjung juga diberi kesempatan untuk  melakukan test drive mobil konversi listrik LIPI dan berbagai produk sepeda motor dari TVS. Selain itu juga, selama 2 hari berturut-turut pada tanggal 5 dan 6 Februari, TVS mengadakan aksi free style sepeda motor dengan atraksi TVS Neo Extra Pulling Power, yaitu TVS Neo X3i, sepeda motor bebek 110 cc yang menarik kendaraan roda empat seberat lebih dari 2,5 ton yang menunjukkan ketangguhan motor keluaran pabrikan India tersebut.

Selain itu, juga ditampilkan atraksi freestyle dengan menggunakan motor sport 160 cc, TVS Apache RTR. Dua freestyler Tim TVS Apache, Andy dan Harley, menghibur penonton dengan aksi stoppie, wheelie, burn out, circle, no hand circle bahkan memberi kesempatan pengunjung membonceng pengunjung sambil melakukan aksi free style.

Acara ditutup dengan Closing Celebration yang diadakan pada Minggu, 6 Februari 2011 malam di Plaza Widya ITB dengan menampilkan sejumlah band dari berbagai aliran seperti Gugun and The Blues Shelter, Endah N Rhesa, Two Tripple O, Rumah Musik Harry Roesli dan The S.I.G.I.T, serta turut menghadirkan Puteri Indonesia Duta Lingkungan dan Puteri Jawa Barat.

Closing Celebration yang berlangsung di Plaza Widya dipenuhi oleh penonton yang rela berdesak-desakan untuk menyaksikan para musisi yang tampil.

Selain itu, Closing Celebration ini juga ikut dimeriahkan oleh hadiah door prize sebuah sepeda gunung persembahan dari Polygon khusus untuk pengunjung Green Technology Expo.

M-Fest sendiri didukung oleh SKF, sebuah perusahaan bearing (bantalan poros) internasional asal Swedia yang saat ini sudah turut serta menangani dan memberikan solusi global energy consumption dan emisi karbondioksida pada sisi industri, transportasi, dan alat-alat rumah tangga.

Pada dasarnya, bearing adalah bantalan yang mengurangi gaya gesek yang terjadi antara poros yang berputar dan komponen yang menahan poros tersebut.

SKF mempunyai teknologi yang dapat mengurangi gaya gesek tersebut 30% jauh lebih efisien dari bearing konvensional. Dengan demikian, konsumsi energi dapat berkurang tanpa mengurangi output yang diberikan. Alhasil, efisiensi meningkat.

HMM ITB berharap M-Fest 2011 dapat menumbuhkan kesadaran dan menularkan semangat “teknologi hijau", kepedulian lingkungan, serta gerakan pengembangan teknologi ramah lingkungan kepada civitas akademika dan masyarakat, untuk kemajuan dan keseimbangan kehidupan manusia di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya