Entrepreneurial Youth 2011 Universitas Bakrie

Peresmian Universitas Bakrie di Jakarta
Sumber :

VIVAnews - Entrepreneurial Youth atau yang lebih akrab disebut E-Youth merupakan rangkaian acara tahunan yang diadakan oleh BEM Universitas Bakrie. Tahun ini merupakan kali ketiga E-Youth digelar. E-Youth merupakan rangkaian acara Seminar, Workshop, Bedah Buku, dan Real Business Competition.

Kegiatan E-Youth telah diselenggarakan sebelumnya oleh BEM BSM periode 2008/2009 pada tahun 2009 dan BEM Universitas Bakrie periode 2009/2010. Konsep kegiatan ini direncanakan akan dijadikan sebagai kegiatan rutin Departemen Akademik dan Penalaran, Kementerian Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie. E-Youth kali ini akan mengangkat tema Ekonomi Kreatif.

Berdasarkan data statistik, industri kreatif banyak didominasi oleh usaha mikro yang dijalankan oleh anak muda. Usaha mikro ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak terutama dari institusi pendidikan untuk terus menanamkan entrepreneurial spirit kepada kawula muda.

Oleh karena itu, kami dari Kementerian Pendidikan BEM UB berharap dengan diadakannya acara E-Youth 2011 ini, akan semakin banyak generasi muda Indonesia yang memberikan kontribusinya pada negara dengan memulai untuk berwirausaha dalam bidang industri ekonomi kreatif.

Real Business Competition (RBC) ini merupakan kegiatan penjaringan dan penilaian ide-ide bisnis terbaik yang direncanakan dalam sebuah business plan yang matang dan implementatif. Dalam kompetisiini akan diberikan penghargaan berupa uang tunai bagi pemenang yang diharapkan dapatmenjadi pendukung modal awal dalam mewujudkan business plan yang telah disusun.

Sebagai bagian dari Entrepreneurial Youth 2011 yang bertemakan “Your Business Your Creativity”, RBC diharapkan dapat menjadi ajang bagi generasimuda Indonesia untuk berani berfikir kreatif dan mengimplementasikannya dalam kegiatan bisnis.

Pendaftaranuntuk RBC telahditutup 31 Maret 2011 lalu.Hadiahuntukpemenang RBC memiliki total sebesar 22,5juta rupiah. Lima besartimfinalis RBC masing-masingmendapatkanduatiket seminar danworkshop E-youth 2011 yang akandilaksanakanpadatanggal 14 s.d. 15 Mei 2011 di kampusUniversitas Bakrie.

Seminar tahun ini yang memiliki tema serupa akan diselenggar akan dalam 3 sesi, yaitu Grand Opening Seminar dan 2 subseminar. Beberapa pembicara dalam seminar E-Youth 2011 kali ini adalah RidwanKamil (arsitek), Elitua Simarmata (Kementerian Perdagangan RI), dan Hiramsyah S. Thaib (CEO Bakrieland). Untuk Sub seminar, pembicara yang akan hadir di antaranya Wahyu Aditya, Diana Rikasari, Sam Udjo, dan Iim Fahima.

Workshop E-Youth 2011 tahun ini akan dipandu oleh Aidil Akbar (financial planner) dan Jalu P. Priambodo (Juale.com). Dalam workshop ini, pembicara akan menekankan mengenai pentingnya membua tperencanaan keuangan yang baik dan sistematis bagi seorang entrepreneur dan memberikan arahan secara step by step kepada para peserta workshop bagaimana membuat toko online.

Rangkaian acara bar upada E-Youth 2011 adalah BedahBuku. Berkaitan dengan tema umum Eyouth 2011 yaitu “Ekonomi Kreatif” maka buku tersebut dianggap cuku psesuai karena buku tersebut menyampaikan tentang “Bagaimana Membangun Bisnis Ide Milliaran Rupiah Tanpa Modal”. Dalam sesi ini, pembicara yang sekaligus penulis dan pelaku ekonomi kreatif, akan memaparkan ide dari buku karyanya “Jualan Ide Segar” serta kesuksesan membangun bisnis kreatifnya.

Diharapkan dalam sesi ini pembicara dapat berbagi pengetahuan tentang bisnis kreatif dan dapat memotivasi peserta untuk mengembangkan ide-ide yang kreatif.

KPK Sita Mobil Mewah Mercedes Benz Milik SYL
Genesis Electrified G80

Shin Tae-yong Dapat Mobil Mewah Genesis G80 Electrified Harga Miliaran, Intip Spesifikasinya

Pelatih Shin Tae-yong dapatkan hadiah beruapa mobil listrik Genesis G80 Electrified dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Ini berkat keberhasilannya di Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024