- VIVAnews/Nurholis Anhari Lubis
Vlog - Ombudsman RI menggelar rapat koordinasi mengenai masih buruknya pelayanan publik di Indonesia, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 15 Desemnber 2011. Usai memarkir sepeda motor di bagian belakang hotel, saya masuk ke ruang pertemuan berkarpet warna coklat yang sudah dipadati ratusan undangan. Saya hadir setelah Wakil Presiden Boediono memberikan sambutan. Sesi diskusi pun dimulai, membahas soal lemahnya pelayanan publik di Tanah Air.
“Semoga seminar ini bukan semata menghabiskan anggaran,” ujar Taufik Effendi, wakil ketua Komisi II DPR RI, saat memaparkan materi. Sentilan itu sontak direspons senyum dan gelak tawa para peserta. Terlebih ketika Taufik, menyoroti aspek untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dia menyebutkan, harus ada perubahan cara berpikir. “Mentalitas aparat masih rendah,” katanya.