Sampah yang Mengganggu Lingkungan

100 ton sampah menumpuk di bawah Jalan Layang Kalibata.
Sumber :
  • Irwandi

VIVA.co.id - Pada hari Minggu, tanggal 12 November 2015, saya pergi ke Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Ketika saya pergi ke Kota Samarinda, di sana banyak sekali sampah yang berserakan, saya pun berpikir, “kenapa harus membuang sampah sembarangan sedangkan tempat sampah berada di mana-mana, tetapi kenapa orang-orang tetap membuang sampah sembarangan?”.

Tahukah kamu, sampah adalah salah satu penyebab terjadinya banjir. Banjir yang terjadi di Samarinda adalah disebabkan oleh sampah. Sampah yang tersangkut di selokan akan menyebabkan air yang biasanya mengalir di selokan akan tersumbat dan air yang tersumbat akan menyebabkan terjadinya banjir. Dan banjir yang berkepanjangan akan menyebabkan timbulnya penyakit.

Sampah yang setiap hari kita buang ternyata bermanfaat untuk kita. Salah satu manfaat dari sampah ialah bisa kita buat kerajinan tangan misalnya seperti bunga. Pesan saya, teman-teman jangan membuang sampah sembarangan ya, karena sampah adalah penyebab rusaknya lingkungan di sekitar kita.

Jagalah lingkungan di sekitar kita agar bisa menciptakan kehidupan yang bersih dan sehat. Karena ini adalah titipan dari Allah swt. Dan kepada pemerintah, saya harap untuk selalu memperhatikan petugas kebersihan agar bertugas dengan baik dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, serta membuat peraturan agar tidak membuang sampah sembarangan. Bagi yang membuang sampah sembarangan sebaiknya diberikan denda, serta di setiap sudut tempat diberikan tempat sampah.  Sekian dari saya cerita tentang lingkungan di kota tempat tinggal saya. (Cerita ini dikirim oleh Asma Nadia, Samarinda)
 

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq
Hadiah lomba

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Acara kali ini bertajuk “Discover the Magic on You”.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016